Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Valentino Rossi: Hayden Seperti Makhluk dari Planet Lain

Selasa 16 Apr 2019 08:51 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto

Mantan Pembalap MotoGP, Nicky Hayden

Mantan Pembalap MotoGP, Nicky Hayden

Foto: Ap
Mendiang Hayden adalah pembalap sekaligus juara dunia MotoGP asal Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- MotoGP Austin, Texas, akhir pekan lalu didedikasikan untuk mengenang mendiang Nicky Hayden. Hayden adalah pembalap sekaligus juara dunia MotoGP asal Amerika Serikat (AS) dengan nomor motor 69. Rekan-rekannya di MotoGP yang masih eksis sampai hari ini turut berbagi kenangan tentang The Kentucky Kid.

Valentino Rossi menyatakan kesan pertama saat bertemu Hayden seakan pria murah senyum itu berasal dari planet lain.

"Kami bertemu pertama kalinya 2003 di stasiun kereta Tokyo. Waktu itu kami rekan satu tim di Honda. Dia sampai dengan gayanya yang sangat Amerika, seperti makhluk dari planet lain. Kami naik kereta dan Nicky mulai banyak bertanya. Sayangnya dia berbicara dengan bahasa gaul, sehingga saya berusaha keras memahaminya. Dia terus bertanya dan bertanya, sampai akhirnya saya bilang, "Nicky, jangan terlalu banyak bertanya dan cepat selesaikan pertanyaanmu." Akhirnya dia pun berhenti bertanya," kata Rossi, dilansir dari GPOne, Selasa (16/4).

Kesan berbeda disampaikan Marc Marquez. Momen spesial dengan mendiang adalah pada 2008 ketika keduanya menghadiri presentasi Tim Repsol. "Saya waktu itu baru 15 tahun dan dia membawakan saya kue ulang tahun. Yang kedua adalah ketika kami berbagi garasi di Australia, saat Dani Pedrosa terluka. Usai balapan, kami mengadakan pesta dan itu amat menyenangkan sebab Nicky bernyanyi di panggung bersama kekasihnya," ujar Marquez.

Adapun Andrea Dovizioso bertemu Hayden di awal kariernya sebagai pembalap MotoGP. Saat itu, keduanya membalap untuk Honda sehingga sering pergi ke Motegi.

"Saat di Ducati kami juga setim dan banyak menghabiskan waktu bersama. Satu peristiwa lucu terjadi di Jepang, ketika kami naik taksi ke bandara. Dia duduk di depan dan berusaha memaksa sopir taksi kami mengemudi lebih cepat," kata Dovi. "Sangat lucu sebab dia (Hayden) melakukan segalanya untuk membuat sopir taksi itu menginjak gas lebih dalam. Sayangnya kami tetap saja tiga jam kemudian baru sampai di bandara. Dia selalu menyenangkan, gayanya sangat Amerika, namun selalu santai. Saya senang menghabiskan waktu bersamanya."

Pembalap Suzuki Ercstar, Alex Rins, pertama kali bertemu Hayden 2012 dalam sebuah konferensi pers. Saat itu, Rins mencetak posisi pole di Moto3 Jerez. "Dia (Hayden) duduk di sebelah saya dan dia menertawakan bahasa Inggris saya. Saya harap bicara inggris saya semakin membaik sekarang. Dia amat lucu," kata Rins.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA