Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Putuskan Pensiun, McGregor Dianggap Cari Sensasi

Kamis 28 Mar 2019 12:48 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Conor McGregor

Conor McGregor

Foto: AP/John Locher
Pernyataan untuk undur diri dari MMA sudah dibuat McGrefor dua kali selama kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID,LAS VEGAS -- Atlet tarung bebas MMA, Conor McGregor dilaporkan bakal segera pensiun dari olahraga yang telah mengharumkan namanya. Hal itu langsung mendapat respon dari Presiden UFC, Dana White, yang mengaku memaklumi pilihan petarung asal Irlandia.

Baca Juga

Pernyataan pensiun disampaikan pada akun resmi Twitter pribadi McGregor, Senin (25/3). Seperti biasa, tak ada alasan jelas yang menjadi penyebab atlet 30 tahun itu memilih meninggalkan olahraga keras.

Walhasil, kata kontroversial pantas disematkan ke nama belakang Conor McGregor. Pasalnya, pernyataan untuk undur diri dari MMA sudah dibuatnya dua kali, pertama pada Maret 2015 usai kalah dari Nate Diaz dan kali ini lima bulan setelah dirinya dipermalukam Khabib Nurmagomedov.

"Hei semuanya, ini pengumuman singkat. Saya telah memutuskan untuk mundur dari dunia olahraga yang secara formal dikenal dengan sebutan Mixed Martial Arts (MMA). Saya pun mendoakan kolega dapat terus maju di dunia ini," tulis McGregor dalam unggahan akun Twitternya.

Atlet kelahiran Dublin, Irlandia, sejatinya masih menjalani hukuman dari Nevada State Athletic Commission usai terlibat insiden pascalaga UFC seri ke-229 versus Khabib Nurmagomedov pada Oktober 2019 lalu.

Fakta lain dari pengunduran McGregor dinilai sebagai siasat yang sama dengan apa yang pernah ia lakukan beberapa tahun lalu. Itu guna menguntungkan dirinya dalam melakukan negosiasi. Sebab, setelah menyiarkan keputusan pensiun untuk kali pertama, McGregor kemudian bertarung dengan Nate Diaz, serta Eddie Alvarez.

Terkait tingkah dan keputusan-keputusan kontroversi The Notorius, jurnalis The Times Joe Callaghan memiliki kesimpuan untuk memberikan gambaran tentang sosok McGregor. "Segala kontroversi yang dilakukan McGregor adalah salah satu faktor mengapa UFC laris manis bagi para penggemarnya," jelas Joe Callaghan.

McGregor berhasil mengangkat pamor UFC dengan membuat nilai jual ajang olahraga tarung bebas tersebut mencapai 4,2 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sebab, selain menggunakan stigma miring tentang cara pandang kepada McGregor, sejatinya petarung yang menyukai klub sepak bola Manchester United (MU) itu juga memiliki cara bertarung yang mempesona ketika di dalam ring Octagon Arena.

Sementara itu, Khabib yang mendengar keputusan McGregor untuk pensiun langsung memberikan komentar menggelitik. Jawara kelas ringan UFC itu secara tersirat menilai pensiunnya McGregor jadi bukti supermasinya. "Hanya ada satu raja yang bisa berkuasa di hutan. Hanya satu!" tulis pernyataan tegas Khabib pada akun resmi Twitternya @TeamKhabib.

Di sisi lain, ucapan berbeda disampaikan Presiden UFC Dana White. Dirinya memaklumi keputusan McGregor karena dianggap telah mencapai kesuksesan di bidang lain selain MMA.

"Jika saya menjadi dirinya, maka saya akan melakukan tindakan yang sama. Dia telah mencapai banyak hal dalam olahraga ini, saya pun ikut senang untuknya dan berharap ia mencapai kesuksesan di bidang lain selain di dalam ring Octagon," kata Dana White dikutip Fox Sport.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA