Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Ini Fakta Khabib Nurmagomedov Jelang Duel Lawan McGregor

Jumat 05 Okt 2018 05:38 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

ISIS pernah menyebut Khabib sebagai pemeluk Islam yang gila uang.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (6/10) arena UFC 229 akan menghadirkan duel berkelas antara legenda UFC Conor McGregor melawan pegulat muda Khabib Nurmagomedov. Keduanya akan saling pukul di Las Vegas Metropolitan Area, Amerika Serikat (AS).

Khabib disebut sebagai penantang serius dengan catatan apik sejak ikut ambil bagian di olahraga ekstrem UFC. Ia mencatatkan 26 kemenangan dalam 26 pertandingan tanpa ada catatan kekalahan.

Berikut lima fakta tentang Khabib yang sebelumnya kurang diketahui:

1. Latihan melawan Beruang

Ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov mengatakan, Khabib pernah duel melawan seekor beruang besar saat ia baru masuk sekolah gulat di Rusia. Hal itu dilakukan Khabib untuk membuktikan kepada semua teman-teman dan ayahnya kalau dia adalah petarung sejati.

''Seorang putra yang selalu ingin menunjukkan kalau dia mampu melakukan sesuatu. Dia bahkan duel melawan beruang,'' kata Abdulmanap dikutip dari Marca, Kamis (4/10).

2. Janji Cristiano Ronaldo

Musim lalu, Khabib menyempatkan menonton pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid melawan Real Sociedad di Santiago Bernabeu. Di laga tersebut Madrid menang 5-2 di mana CR7 mencatatkan hattrick.

Usai laga, Khabib berkesempatan bertemu dengan Ronaldo. Khabib menghadiahi Ronaldo rambut palsu pirang yang biasa dikenakan Khabib setiap selesai bertanding.

Usai bertemu Ronaldo, Khabib mengatakan kalau dia mengundang Ronaldo untuk menyaksikan pertarungannya melawan McGregor. Saat itu, kata Khabib, Ronaldo mengiyakan itu andai saja dia tidak punya jadwal pertandingan dan latihan sepak bola.

''Saya minta dia (Ronaldo) ada di sudut ring saat saya bertanding. Dia mengatakan iya kalau dia tidak sibuk,'' ujar Khabib menirukan percakapannya dengan CR7 yang kini sudah berkostum Juventus.

3. Mental militer

Bakat dan kemampuan Khabib di ring gulat mengalir dan diasah oleh sang ayah Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap memang hobi dengan olahraga bela diri. Saat Khabib masih kecil, ayahnya suka melatih para pemuda di lantai dasar rumahnya di negara bagian Republik Dagestan, Rusia.

Kala itu, Abdulmanap mengiming-imingi pemuda agar bisa masuk ke dalam tim nasional gulat. Selain itu, ia melatih para pemuda dan Khabib agar siap andai ada aksi militer di negara mereka. ''Saya percaya setiap orang harus siap dalam kondisi perang bahkan di masa-masa damai,'' ujar Abdulmanap.

4. Dihantui cedera

Menggeluti olahraga ekstrem seperti UFC sudah pasti dekat dengan ancaman cedera fisik yang parah. Hal itu juga menghantui Khabib. Khabib pernah sekali mengalami cedera pada lengannya yang membuat pegulat Muslim itu membatalkan pertandingan. Tapi kali ini Khabib berharap keberuntungan berpihak kepadanya dengan tidak cedera jelang duel melawan McGregor

5. Dibayangi teror ISIS

Khabib pernah menjadi sasaran kritik oleh kelompok ekstrem ISIS. Dalam sebuah unggahan video, anggota ISIS menghujat Khabib. Mereka menyebut Khabib sebagai pemeluk Islam yang gila uang. Berjuang untuk uang, bukan untuk Islam. Tapi Khabib tidak terpengaruh. Karena ia berjuang di arena gulat UFC sekaligus megampanyekan perlawanan terhadap rasis, isu etnis, dan agama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Deklarasi Emak-Emak Jawa Timur

Senin , 22 Okt 2018, 21:10 WIB