Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Uang Volunter Asian Games dalam Proses Pencairan

Senin 17 Sep 2018 15:17 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Didi Purwadi

Sejumlah volunter Asian Games 2018 beraktivitas di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (3/9).

Sejumlah volunter Asian Games 2018 beraktivitas di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (3/9).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Human Resources and Volunteer Inasgoc, Pusparani Hasjim, mengatakan, pembayaran uang saku sukarelawan (volunter) sudah sesuai prosedur. Menurut Pusparani Hasjim, pembayaran uang saku (uang makan dan trasnportasi) sukarelawan kini sudah masuk pembayaran tahap keempat dan kelima.

''Sekarang sudah masuk ke fase pembayaran tahap empat untuk tanggal 17 September 2018, akan diberikan ke bagian finance dan dilakukan pentransferan Senin (17/9) sore atau Selasa (18/9) pagi,'' kata Pusparani Hasjim ketika dihubungi Republika.co.id di Jakarta pada Senin (17/9).

Pusparani mengatakan, pembayaran tahap satu hingga tiga sudah langsung dibayarkan melalui rekening masing-masing sukarelawan. Sementara, pembayaran tahap kelima atau tahap terakhir dilakukan pada hari berikutnya setelah pembayaran tahap keempat.

Perbedaan tahap pembayaran ini tergantung pada jumlah hari kerja dan bagian dari masing-masing sukarelawan Asian Games. Menurut Pusparani, pembayaran volunter berdasarkan absensi kehadiran.

”Volunter tidak semua sama absensinya, tergantung mereka bertugas di mana dan berapa lama,'' ujarnya.

''Lamanya waktu kerja volunter yang lebih dari 18 hari, melebihi pelaksanaan Asian Games, itu karena dari departemennya membutuhkan dia sehingga tahap pembayarannya pun lebih dari itu,'' kata Pusparani. ''Ada sistem absensi manual. Sementara, prosedur setelah absensi tak kalah banyak dan memakan waktu.''

Setelah didata, data absensi volunter dibawa ke Wisma Serba Guna untuk dihitung dan dicek. Setelah itu atau tiga hari kemudian, data absensi diberikan ke bagian keuangan untuk selanjutnya dicairkan melalui bank terkait.

Pusparani menegaskan bahwa ini bukan keterlambatan. Para volunter telah dijelaskan soal sistem pembayaran tersebut.

Pusparani menjelaskan, prosedur pembayaran uang saku untuk volunter. Sebagai informasi untuk proses pembayaran uang pengganti transpor dan makan volunter, berikut adalah tahapan/proses mulai dari pengumpulan absensi sampai dengan transfer volunter:

1. Volunter melakukan absensi secara manual di lembar absensi volunter yang selanjutnya divalidasi kehadirannya oleh volunteer HRV.

2. Lembar absensi tersebut dikumpulkan setiap 5 hari setelah volunter bertugas dan lembar absensi tersebut yang menjadi dasar pembayaran kepada volunter.

3. Setidaknya membutuhkan waktu 2-3 hari untuk menerima total absensi volunter dan melakukan perekapan.

4.Selanjutnya data dari tim rekap dikirim ke bagian finance HRV untuk dilakukan kroscek nomor rekening berdasarkan pembagian bank yang digunakan untuk pentransferan.

5.Data yang sudah di-kroscek tadi selanjutnya dikirm ke bagian finance untuk di-follow up melakukan pentransferan. Pada proses ini membutuhkan waktu 1-3 hari untuk bisa sampai ke rekening volunter.

6. Jumlah pembayaran adalah berdasarkan jumlah hari bertugas volunter yang tertera pada lembar absensi volunter.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB