Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Anies Ajak Warga Jakarta Tingkatkan Prestasi Olahraga

Senin 10 Sep 2018 06:30 WIB

Rep: Sri Handayani/ Red: Endro Yuwanto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) bersiap memberikan obor pertama Penyelanggaraan Asian Games  pada penutupan Asian Games ke 18 di Stadion Utama Gelota Bung Karno, Jakarta, Ahad(2/9).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) bersiap memberikan obor pertama Penyelanggaraan Asian Games pada penutupan Asian Games ke 18 di Stadion Utama Gelota Bung Karno, Jakarta, Ahad(2/9).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pasca-Asian Games 2018, Jakarta mewarisi sejumlah fasilitas olahraga kelas dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara Festival Jakarta Sehat di Kawasan Monumen Nasional (Monas) bagian selatan, Ahad (9/9). Ia mengajak seluruh warga DKI meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

"Kemarin (di Asian Games 2018) 31 emas, sumbangan 10 medali emas dari Jakarta. Dari 24 medali perak, DKI mengirimkan 11 perak. Mari kita teruskan prestasi ini. Saya ajak seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan prestasi ini," kata Anies di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad.

Anies mengatakan, masyarakat merupakan aset terbesar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sambutan masyarakat yang antusias terhadap penyelenggaraan Asian Games memberikan pesan positif kepada para tamu yang datang. Jika hal ini dikembangkan dengan serius dan fokus, ia yakin kemajuan di bidang olahraga akan tercapai.

Anies menambahkan, pasca-penyelenggaraan Asian Games 2018, Jakarta mewarisi fasilitas-fasilitas olahraga berkelas dunia. Selain Gelora Bung Karno (GBK), kini Jakarta memiliki arena balap sepeda di Jakarta International Velodrome (JIV), arena pacuan kuda di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), dan beberapa fasilitas lain.

Gubernur DKI ini ingin berbagai arena ini digunakan secara maksimal untuk menumbuhkan atlet-atlet berprestasi. "Jangan sampai fasilitasnya kelas dunia tapi atletnya atau prestasinya kelas lokal," ujar dia.

Festival Jakarta Sehat merupakan bentuk sosialisasi gaya hidup sehat sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional ke-60. Kegiatan ini diisi dengan tiga kegiatan olahraga yaitu jalan sehat, sepeda sehat, dan lari sehat.

Jalan sehat dimulai dari Mandarin Oriental Hotel dan diikuti sekitar 6.000 pegiat PAUD. Sepeda sehat diawali dari GOR Bulungan dan diikuti berbagai komunitas sepeda. Sedangkan lari sehat dimulai dari Museum Kota Tua dan diikuti oleh sekitar 16 ribu peserta. Ketiga kegiatan olahraga ini berakhir atau mencapai finis di Monas sisi barat daya (pintu masuk Patung Kuda).

Kegiatan ini juga disemarakkan dengan kehadiran activity booth seperti sepak bola, mini wall climbing, panahan, dan basket yang disediakan di Monas sisi timur dan sisi selatan. Acara ini dimeriahkan pula oleh pesta rakyat yang meliputi marching band, senam, pertunjukkan pencak silat, hiburan musik, hingga doorprize. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA