Kamis, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 Februari 2019

Kamis, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 Februari 2019

Tiga Negara Berminat Training Camp di JSC Palembang

Selasa 04 Sep 2018 13:28 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto

Foto udara kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan.

Foto udara kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan.

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Presiden menginstruksikan pasca-Asian Games seluruh venue harus bisa dimanfaatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pasca-Asian Games XVIII 2018, kelengkapan fasilitas Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) menjadi daya tarik banyak negara yang atletnya bertanding di Palembang. Sudah ada tiga negara menyatakan ingin menjalani training camp bagi atletnya di JSC.

"Negara itu dari Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Mereka tertarik untuk bisa menjalani training untuk cabang rowing atau dayung. Mereka menilai fasilitas yang ada di venue dayung saat ini sudah berstandar internasional dan yang terbaik di Asia,” ujar Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Selasa (4/9).

Menurut Alex Noerdin, training camp tersebut akan menjadi pemasukan bagi PT JSC. "Kami harapkan nanti pemasukan dari pemanfaatan JSC bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah selain untuk membiayai operasional PT JSC.”

Selain menjadi incaran training camp dari negara lain, lanjut Alex Noerdin, Presiden RI Joko Widodo juga sudah menetapkan Sumsel sebagai provinsi olahraga dan sudah meminta kepada Menpora Imam Nahrawi untuk melaksanakan pemusatan latihan beberapa cabang olahraga di JSC. "Untuk pemusatan latihan nasional cabang panjat tebing, tenis lapangan, menembak, dan dayung bisa dilaksanakan di sini,” kata dia.

Menurut Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto, ada beberapa delegasi National Olympic Committee (NOC) dari negara-negara Asia yang sudah menyatakan keinginan menggunakan JSC untuk menjadi tempat training camp. "Memang belum ada yang menyampaikan secara tertulis, namun NOC dari Jepang, Korea Selatan, dan Kazakhstan sudah menyampaikannya secara lisan. Mereka berminat untuk melaksanakan training camp dayung di sini. Semoga keinginan mereka tersebut bisa terealisasi,” kata dia.

Menpora Imam Nahrawi saat meninjau komplek JSC sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII menjelaskan, Presiden RI sudah menginstruksikan pasca-Asian Games seluruh venue yang ada harus bisa dimanfaatkan. "Kami sedang mempersiapkan blue print pemanfaatkan venue Asian Games yang sangat berstandar internasional ini dan kami akan melakukan pemusatan pelatnas cabang olahraga di Palembang,” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES