Rabu 25 Jul 2018 08:15 WIB

Gendang Beleq Sambut Api Asian Games di Pantai Mandalika

Kehadiran obor Asian Games merupakan momentum bersejarah yang jarang terjadi

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Obor Asian Games akan berada sekitar satu jam, mulai dari jam 09.00 Wita hingga 10.00 Wita sebelum diberangkatkan ke Kota Mataram untuk menjalani prosesi Kirab Obor.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Obor Asian Games akan berada sekitar satu jam, mulai dari jam 09.00 Wita hingga 10.00 Wita sebelum diberangkatkan ke Kota Mataram untuk menjalani prosesi Kirab Obor.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Api obor Asian Games 2018 telah tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (25/7) sekitar pukul 07.30 Wita. Dari bandara terbesar di NTB, obor akan dibawa menuju kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika.

BUMN yang mengelola KEK Mandalika, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menyiapkan sejumlah agenda menarik guna menyambut kehadiran obor.

Direktur Konstruksi dan Operasi PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ngurah Wirawan mengatakan, ITDC bersama pelaku industri hotel, restoran, dan masyarakat sekitar menyambut penuh suka cita kehadiran obor.

Menurutnya, kehadiran obor Asian Games merupakan momentum bersejarah yang jarang terjadi.

"Ini kesempatan buat kita, makanya kita siapkan sejumlah acara seperti tarian Gendang Beleq menyambut obor," ujar Ngurah di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Rabu (25/7).

Ngurah menyampaikan, obor Asian Games akan berada selama satu jam, mulai dari jam 09.00 Wita hingga 10.00 Wita sebelum dibawa menuju Kota Mataram untuk menjalani prosesi Kirab Obor.

Dia menyampaikan, momentum Asian Games juga menjadi kesempatan bagi KEK Mandalika mempromosikan diri sebagai olahraga, di samping kawasan wisata.

"Kita punya garis pantai yang panjang, bisa untuk olahraga air, dan jalur untuk lari marathon. KEK Mandalika bukan sekadar wisata pantai, tapi juga wisata olahraga," lanjutnya.

ITDC juga menyediakan bazar Mandalika yang menawarkan produk kerajinan tangan seperti tenun dan aneka jajanan tradisional khas Lombok yang berasal dari UMKM sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement