Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Waktu Tempuh Atlet Aman, Pemprov Pertimbangkan Libur Sekolah

Jumat 20 July 2018 22:52 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Israr Itah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara festival Jakarnaval 2018 di depan Balaikota Jakarta, Ahad (8/7).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara festival Jakarnaval 2018 di depan Balaikota Jakarta, Ahad (8/7).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ada lebih dari 250 sekolah di rute perjalanan atlet Asian Games dan sekitar venue.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, waktu tempuh atlet Asian Games 2018 menuju venue berada dalam kategori aman, 30 menit hingga 34 menit. Ini berdasarkan hasil simulasi Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta bersama Inasgoc dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Untuk itu, terkait libur sekolah pada saat pelaksanaan Asian Games masih akan dikaji lagi.

Sandiaga menuturkan, ada lebih dari 250 sekolah di rute perjalanan atlet Asian Games dan sekitar venue. Namun, ia belum dapat memastikan jika sekolah-sekolah tersebut akan diliburkan atau tidak pada saat Asian Games nanti. 

"Tadi kami juga mendapat kabar dari Polda Metro Jaya melalui surat Ditlantas yang belum sampai ke kami untuk meliburkan sekolah. Jadi nanti ini akan dikoordinasikan dan diputuskan oleh Pak Gubernur," kata Sandiaga, Jumat (20/7).

Pemprov DKI pun, lanjutnya, tidak ingin proses belajar mengajar pada saat Asian Games terganggu. Namun, Pemprov DKI juga ingin agar siswa dapat meramaikan perhelatan tersebut yang digelar mulai 18 Agustus nanti.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengkaji terkait libur sekolah selama digelarnya perhelatan Asian Games, yang dimulai 18 Agustus mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menilai, hal tersebut perlu dilakukan untuk melancarkan pelaksanaan Asian Games nantinya.

"Hari ini lagi dikaji, nanti kita lihat. Karena kemarin kita sepakat untuk minggu lalu saya bertemu dengan Dirlantas Polda Metro, kesimpulannya yuk kita periksa lagi pada saat anak-anak sudah sekolah. Dan hari ini diperiksa lagi," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Anies mengungkapkan, libur sekolah dikaji lagi karena dua alasan. Pertama, untuk kelancaran lalu lintas dan kedua untuk menurunkan polusi udara selama Asian Games.

"Jadi nanti kita lihat apakah ada efeknya anak sekolah pada jumlah kendaraan dan polusi udara," kata dia. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 15 11 9 35
2 Japan 8 11 11 30
3 South Korea 5 9 9 23
4 Indonesia 4 2 2 8
5 North Korea 4 1 2 7