Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Lorenzo akan Gantikan Pedrosa di Honda

Rabu 06 June 2018 16:28 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Foto: EPA-EFE/MANUEL BRUQUE
Honda mengontrak Lorenzo hingga 2020 untuk menjadi partner Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jorge Lorenzo dipastikan menjadi pengganti Dani Pedrosa di Repsol Honda mulai musim balap MotoGP tahun depan. Honda mengontrak Lorenzo hingga 2020 untuk menjadi partner Marc Marquez. Honda dilaporkan membayar Lorenzo 4 juta euro (Rp 64,8 miliar) per tahun.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan kontrak tiga kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol ini akan bergabung dengan Repsol Honda Team selama dua tahun ke depan," kata pernyataan resmi Honda, seperti dilansir dari Motorsports, Rabu (6/6).

Lorenzo sempat memperkuat Honda pada 2005 di kelas 250 cc. Ia finis di peringkat kelima pada akhir musim. Pada 2008, ia bergabung dengan Yamaha. Lorenzo berhasil menjadi juara dunia pada 2010, 2012 dan 2015. 

Pada 2017 ia bergabung bersama Ducati Corse, tapi performanya menurun drastis. Namun, musim ini ia menunjukkan peningkatan. Lorenzo baru saja meraih kemenangan pertamanya bersama pabrikan asal Italia di Sirkuit Mugello, Italia, Ahad (3/6) lalu. Sebelum memenangkan Grand Prix Italia, Lorenzo hanya berhasil naik podium tiga kali bersama Ducati. 

"Mulai 2019, Lorenzo akan menjadi rekan setim empat kali juara dunia MotoGP, Marc Marquez. Dua juara hebat dengan bakat luar biasa dan harapan besar akan membuat tim lebih kuat, serta berkontribusi pada pengembangan HRC (Honda Racing Corporation)," tambah pernyataan Honda.

Saat ini Pedrosa berada di peringkat 12 klasemen sementara. Dari enam balapan musim ini ia baru mengumpulkan 29 poin. Pada Grand Prix Italia, Pedrosa gagal finis karena mengalami kecelakaan pada awal balapan. Pedrosa mengatakan setelah 12 tahun bersama Honda sudah waktunya kini melakukan perubahan.

Ia belum pernah meraih gelar apa pun di kelas primer. Pedrosa mencatatkan tiga kali runner-up, tiga kali finis di peringkat ketiga, empat kali finis di peringkat keempat dan memenangkan 31 Grand Prix MotoGP sampai saat ini. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HRC atas semua kesuksesan selama bertahun-tahun. Saya telah tumbuh tidak hanya sebagai pembalap, tetapi juga sebagai pribadi bersama mereka. Saya akan selalu memiliki HRC dalam ingatan saya dan di hati saya," kata Pedrosa.

Lihat duel Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo di Brno: (sumber: Youtube)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 August 2018, 11:11 WIB