Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Ade Rai: Ramadhan Bukan Alasan Berhenti Olahraga

Kamis 17 Mei 2018 06:00 WIB

Red: Endro Yuwanto

Ade Rai

Ade Rai

Foto: Antara
Olahraga selama bulan Ramadhan harus secukupnya dan tidak terlalu berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan atlet binaraga nasional Ade Rai menyatakan, bulan suci Ramadhan bukanlah alasan bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa, untuk berhenti sejenak dari kegiatan olahraga. Menurut Ade, dalam menjalani ibadah puasa dibutuhkan kesehatan yang prima dan olahraga merupakan salah satu syarat untuk mencapainya.

"Sehat itu ada syaratnya, dan olahraga adalah salah satu cara untuk memenuhi syarat itu. Sangat salah paham pemikiran orang yang berpikir karena bulan puasa berarti olahraganya berhenti dulu, nggak seperti itu. Justru dengan Ramadhan badan kan harus jalankan ibadah, otomatis sehat menjadi syarat yang harus dipenuhi, makaya di bulan puasa harusnya olahraganya lebih rajin," kata Ade yang kini aktif sebagai pengusaha dan aktivis gaya hidup sehat dengan olahraga, Rabu (16/5).

Kendati demikian, Ade menekankan olahraga selama bulan puasa Ramadhan harus secukupnya dan tidak terlalu berat, yakni latihan kardio seperti joging, naik sepeda, jalan di bukit dan lainnya. Durasinya bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu ibadah puasa. "Idealnya 15-30 menit itu sudah cukup, jangan sampai kelamaan karena jangan sampai nanti sudah menit terakhir malah buyar puasanya, batal," kata dia.

Waktu yang terbaik untuk berolahraga ringan tersebut, menurut Ade, adalah sebelum waktu berbuka puasa karena sumber tenaga untuk dibakar yang dipakai adalah lemak. Namun, waktunya harus diatur karena jika kelamaan sumber tenaga yang dipergunakan adalah otot. "Kalaupun mau mengencangkan otot, lebih baik setelah berbuka puasa," ujarnya.

Selain berolahraga yang bertujuan menyehatkan badan selama berpuasa, Ade juga membagi tip agar badan tetap bugar. Yakni memilih makanan-makanan yang sehat yang disesuaikan dengan pola latihan. Intinya, lanjut dia, jangan hanya latihan tapi gaya hidup dan pola makan juga diperhatikan untuk meraih kesehatan tersebut. "Yang perlu diingat, makanan sehat bernutrisi itu tidak harus mahal," kata Ade yang semasa menjadi atlet memiliki berbagai prestasi nasional dan internasional.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES