Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

KLHK Minta Pertamina Sediakan BBM Euro 4 Saat Asian Games

Kamis 29 Mar 2018 16:50 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Endro Yuwanto

Pertamax Turbo Euro 4. Direktur Pemasaran Pertamina Muhammad Iskandar (tengah) memeriksa kesiapan petugas pengisian BBM saat Pertamina Commitment Exhibitions

Pertamax Turbo Euro 4. Direktur Pemasaran Pertamina Muhammad Iskandar (tengah) memeriksa kesiapan petugas pengisian BBM saat Pertamina Commitment Exhibitions

Foto: Republika/ Wihdan
Pertamina diharapkan menyediakan BBM Euro 4 di Jabodetabek dan Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memanfaatkan Asian Games 2018 sebagai momentum bagi Indonesia untuk mulai menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai dengan standar Euro 4. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengaku sudah meminta Pertamina untuk menyediakan BBM yang memenuhi standar kualitas tersebut.

"Kami sih mintanya Juli atau Agustus tahun ini ya. Pertamina sudah kami ajak rapat dan sudah bisa menentukan distribusi, walaupun belum bisa menyeluruh," ujar Siti saat ditemui wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (29/3).

Siti sekaligus menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah meminta Pertamina untuk tidak menjual BBM jenis premium. Tetapi, KLHK meminta Pertamina untuk bisa menyediakan BBM Euro 4 pada saat pelaksanaan Asian Games, paling tidak di wilayah Jabodetabek dan Palembang.

Menurut Siti, penggunaan BBM dengan standar yang lebih tinggi tersebut akan sangat berpengaruh pada kualitas lingkungan. "Mungkin sekarang tinggal kita dan Myanmar. Yang lain sudah semua ke Euro 4."

Namun begitu, Siti mengatakan, pemerintah tidak akan memaksa semua pengguna kendaraan untuk langsung beralih menggunakan BBM Euro 4. Terutama untuk kendaraan pengangkut logistik. "Kendaraan untuk dagang seperti Grand Max masih diizinkan 8-9 bulan. Tetapi yamg lain harus sudah menyesuaikan," jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB