Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Asian Games 1978, Kali Ketiga Bangkok Jadi Tuan Rumah

Selasa 13 March 2018 20:29 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto

Asian Games 1978 Bangkok, Thailand.

Asian Games 1978 Bangkok, Thailand.

Foto: ocasia.org
Emas cabang bulu tangkis diraih ganda putra Christian Hadinata/Ade Chandra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ini adalah Asian Games yang kedelapan dan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, dari 9 Desember hingga 20 Desember 1978. Sebanyak 3.842 atlet berlaga, datang dari 25 negara, dan mempertandingan 20 cabang olahraga.

Awalnya Asian Games akan diselenggarakan di Pakistan, tetapi dibatalkan dengan alasan Pakistan mengalami konflik dengan Bangladesh dan India. Singapura pun membatalkan diri untuk menjadi tuan rumah karena alasan keuangan. Adapun Israel ditolak untuk ikut serta dalam Asian Games dengan alasan politik.

Thailand sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah, yakni pada 1966 dan 1970. Ini membuat Bangkok saat itu menjadi kota yang paling sering menyelenggarakan Asian Games, yakni tiga kali.

Iran di Asian Games kali ini hanya mengirim satu wakil karena situasi politik di Iran saat itu. Cabang olahraga panahan dan bowling dimasukkan untuk pertama kalinya pada Asian Games 1978. Untuk cabang panahan, Indonesia berada di peringkat lima dengan satu medali perunggu. Peringkat satu sampai empat diraih Jepang (tiga medali emas), Korea Selatan, Cina, dan Korea Utara.

Adapun untuk cabang bowling, Filipina meraih peringkat satu dengan tiga medali emas, diikuti Thailand, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Hong Kong, dan Singapura.

Indonesia meraih peringkat tujuh pada Asian Games kedelapan itu. Peringkat ini menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sejak 1962. Sebanyak delapan medali emas, tujuh medali perak, dan 18 medali perunggu dengan total 33 medali berhasil dipetik atlet-atlet Tanah Air. Emas untuk cabang olahraga bulu tangkis diraih ganda putra Christian Hadinata/Ade Chandra. Kemudian, cabang tenis, balap sepeda, dan perahu naga juga menyumbang emas untuk Indonesia.

Atlet dari Jepang masih mendominasi, sama seperti penyelenggaraan Asian Games sebelumnya, dengan meraih 70 medali emas. Cina menempati posisi kedua dan Korea Selatan berada di posisi ketiga serta Korea Utara di posisi keempat. Tuan rumah Thailand menyelesaikan pertandingan dengan 42 medali keseluruhan (11 emas, 12 perak, dan 19 perunggu) untuk menempati peringkat lima.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA