Jumat 09 Feb 2018 23:33 WIB

Korsel Dukung Penyelenggaraan Asian Games 2018

Olahraga merupakan salah satu kerja sama antara Korsel dan Indonesia.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi Asian Games 2018.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang-beom menyatakan dukungannya dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta- Palembang. Olahraga merupakan salah satu kerja sama antara Korsel dan Indonesia.

Menurut Kim, saat ini panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) sedang berada di Pyeongchang untuk melihat seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. "Panitia Asian Games 2018 datang ke acara Olimpiade Pyeongchang. Selama ini Korsel dan Indonesia berbagi pengalaman untuk ajang olahraga dan lainnya," ujar Kim Chang beom kepada wartawan di Kantor Kedubes Korsel, Jakarta, Jumat (9/2).

Kim mengungkapkan, rencananya Kedubes Korsel akan membahas banyak hal dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung jalannya Asian Games 2018. Karena, ajang olahraga ini merupakan acara besar seluruh Asia dan penyelenggaraannya patut didukung penuh.

"Kami juga berencana untuk membahas banyak hal untuk mendukung Asian Games. Karena kami menggangap Asian Games ini acara besar dan sangat nasional," jelasnya.

Selain di bidang olahraga, Korsel dan Indonesia juga bekerjasama dalam bidang bisnis dan perdagangan. Pada tahun lalu, Presiden Moon Jae-in berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan hubungan dari kemitraan strategis menjadi strategis khusus.

"Korsel dan Indonesia kerjasama meningkatkan infrastruktur, investasi, usaha startup dan meningkatkan perdagangan menjadi dua kali lipat," katanya.

Kim menggantikan Cho Tai young yang menjabat sebagai Dubes sejak 2013. Ia mendarat di Jakarta pada Rabu (7/2) lalu dengan disambut oleh warga Korsel di Jakarta.

Kim Chang- beom sebelumnya pernah menjabat di Kedubes Korsel untuk Indonesia sebagai political counselor pada 2003- 2005. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Ambassador for International Relations, Seoul Metropolitan Government (2016- 2017), Dubes Uni Eropa dan Belgia (2012-2015).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement