Jumat 26 Jan 2018 23:12 WIB

Obor Asian Games 2018 Dimulai dari Prambanan

Kobaran api yang dibawa langsung dari India akan melangkahkan kakinya dari DIY.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ratna Puspita
Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Asian Games 2018 tidak lama lagi akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Eris Herryanto mengungkapkan, Obor Asian Games akan dimulai dari Provinsi DI Yogyakarta.

"Pada 16 Juli 2018 Obor Asian Games dimulai dari di Prambanan," kata Eris saat ditemui di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat (26/1) sore.

Ia menerangkan, kobaran api yang dibawa langsung dari India itu memang akan melangkahkan kakinya dari DIY. Setelah itu, Obor Asian Games akan mengelilingi daerah-daerah Indonesia selama sebulan penuh.

Eris menerangkan, selama sebulan itu, setelah dari DI Yogyakarta Obor Asian Games 2018 akan berkeliling mulai dari Jawa Timur, Bali, Lombok, Papua sampai ke Jakarta. Obor ditargetkan mencapai garis akhir pada menjelang 18 Agustus 2018.

"Tujuannya untuk mempromosikan wisata budaya yang dimiliki daerah-daerah Indonesia," ujar Eris.

Untuk Asian Games 2018, ia mengaku sudah banyak persiapan yang telah dilakukan sejak tahun lalu. Untuk olahraga, sudah 37 cabang olahraga yang mengikuti tes event sepanjang tahun lalu.

Nantinya, lanjut Eris, akan ada 40 cabang olahraga dengan 426 medali yang diperebutkan. Ia berharap, pelaksanaan Asian Games 2018 akan mendulang kesuksesan, mengingat akan berdampak besar bagi Indonesia.

"Kami berharap dukungan masyarakat Indonesia untuk mewujudkan empat sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi," kata Eris. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement