Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Kopi Ini Bikin Astronot tidak Tidur Seharian

Jumat 20 Juli 2018 07:56 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Nidia Zuraya

Death Wish Coffee, produsen kopi khsus untuk di luar angkasa

Death Wish Coffee, produsen kopi khsus untuk di luar angkasa

Kopi ini mengandung kafein 200 persen lebih kuat dari yang biasa dikonsumsi umum

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Tidak seperti di bumi, astronot punya kopi khusus di luar angkasa. Laman CNet memberitakan, astronot di stasiun luar angkasa (ISS) berhasil menangkap keberadaan pesawat luar angkasa SpaceX Dragon.

Pesawat ini merupakan kendaraan pengiriman untuk para astronot. SpaceX Dragon dilaporkan membawa berbagai macam eksperimen, robot Artificial Intelligence (AI), dan kopi.

Namun, kopi yang dibawa ke luar bumi bukanlah minuman biasa. Kopi bernama Death Wish Coffee tersebut menjadi minuman berkafein terkuat di dunia.

Pihak perusahaan kopi menyatakan bahwa produknya mengandung kafein 200 persen lebih kuat dari yang dikonsumsi masyarakat secara umum. Bahkan disebutkan, astronot tidak akan merasakan kantuk setelah meminumnya.

Death Wish Coffee tidak bisa mengirim biji kopi dalam jumlah banyak dan utuh. Perusahaan harus membuatnya dalam versi instan beku hingga kering dari biji kopi pada umumnya.

Untuk proses pembuatan, perusahaan bekerja sama dengan spesialis makanan dari NASA. Proses tersebut tidak mudah karena kopi harus bisa diseduh dan diminum, seperti yang ada di bumi.

Hingga saat ini, Death Wish yang berbasis di Round Lake, New York, Amerika Serikat (AS), menjadi satu-satunya perusahaan kopi untuk luar angkasa. Perusahaan bahkan dengan bangga menulis, 'Kopi terkuat di dunia akan menjadi yang terkuat di luar angkasa'.

Sementara itu, SpaceX Dragon sudah diluncurkan Jum'at lalu, dan diperkirakan akan merapat ke ISS sekitar satu bulan ke depan. Para astronot akan membongkar isi pesawat dan mengganti kargo dengan bahan penelitian lain ke bumi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

REPUBLIKA TV

Brigjen Mohammad Iqbal

Sabtu , 18 Agustus 2018, 10:39 WIB