Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

16 Ribu Nasi Pecel Pincuk di Madiun Pecahkan Rekor

Jumat 22 Juni 2018 17:07 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Warga antre untuk mendapatkan nasi pecel gratis saat digelar Festival Pecel Pincuk di Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (22/6).

Warga antre untuk mendapatkan nasi pecel gratis saat digelar Festival Pecel Pincuk di Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (22/6).

Foto: Antara/Siswowidodo
16.825 nasi pecel kemasan pincuk disajikan di Festival Nasi Pecel Pincuk, Madiun.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Sebanyak 16.825 nasi pecel dalam kemasan pincuk yang disajikan di Festival Nasi Pecel Pincuk di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia, Jumat (22/6). Pemecahan rekor tersebut merupakan salah satu upaya mempromosikan Madiun sebagai Kota Pecel dan penghasil sambal pecel.

"Kegiatan dan penobatan rekor Muri ini upaya dari kami untuk mempromosikan Kota Madiun sebagai 'Kota Pecel'," ujar Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto di Madiun, Jumat.

Sugeng mengatakan lewat penobatan Muri tersebut dapat mengangkat kuliner khas Kota Madiun, sambal pecel dan nasi pecel, hingga tingkat nasional, bahkan internasonal.

"Ini juga sebagai pendongkrak para pelaku bisnis makanan khas Kota Madiun nasi pecel agar bangga karena nasi pecel telah masuk dalam Muri dan tercetak rekornya hingga tingkat dunia," katanya.

Dalam kegiatan yang juga digelar untuk memperingati HUT Ke-100 Kota Madiun, pemkot melibatkan ratusan kader PKK hingga tingkat kelurahan, pelaku UMKM produsen sambal pecel, serta para pelaku usaha nasi pecel.

"Kami libatkan PKK, UKMM, juga partisipasi semua dinas, BUMN, BUMD, dan perhotelan. Hasilnya sangat luar biasa. Dari target 16.000 nasi pecel pincuk, kami berhasil menyajikan 16.825 nasil pecel pincuk dalam kegiatan tersebut," katanya.

Eksekutif Manajer Muri Sri Widayati menyatakan sajian 16.825 nasi pecel pincuk telah berhasil masuk rekor baru Muri dan tercatat sebagai rekor ke-8.476.

"Kegiatan hari ini merupakan rekor baru spektakuler menyajikan sebanyak 16.825 nasi pecel pincuk dan kemudian dinikmati bersama-sama," kata Widayati.

Sebelumnya, lanjut dia, Kota Madiun pernah memecahkan rekor Muri selain penyajian nasi pecel pincuk terbanyak. Capaian rekor Muri yang diraih Kota Madiun di antaranya penyajian nasi pecel 9.217 pincuk dan madumongso sepanjang 1.700 meter pada 2011, serta sambal pecel terpanjang dengan panjang 1.292 meter pada 2007.

Sajian 16.825 nasi pecel pincuk oleh Kota Madiun itu, berhasil mengalahkan rekor jumlah pecel pincuk terbanyak yang selama ini dipegang Kabupaten Blitar dengan 14.730 nasi pecel pincuk pada 2016.

Usai dikukuhkan masuk rekor Muri, ribuan warga yang memadati sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun menikmati sajian nasi pecel dalam kemasan pincuk tersebut bersama-sama.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES