Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Maskapai Ini Perkenalkan Pesawat dengan Jendela Virtual

Selasa 12 Jun 2018 08:16 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nidia Zuraya

Maskapai penerbangan Emirates Airlines

Maskapai penerbangan Emirates Airlines

Foto: Google
Jendela virtual ini tersedia untuk kabin kelas pertama di pesawat Boeing 777-3000ER

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Maskapai penerbangan Emirates Airline yang berkantor pusat di Dubai memperkenalkan pesawat dengan jendela virtual. Fitur baru tersebut tersedia untuk kabin kelas pertama khusus di pesawat seri Boeing 777-3000ER.

Alih-alih melihat pemandangan seperti biasa, penumpang akan disuguhi gambar-gambar yang diproyeksikan ke jendela virtual menggunakan kamera fibre-optic. Cara itu disebut membuat pesawat lebih hemat karena berpotensi menekan biaya.

Rapat Umum Tahunan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pekan lalu memprediksi biaya bahan bakar pesawat akan melonjak 25 persen tahun ini. Dengan kondisi itu, tidak heran jika maskapai memikirkan cara kreatif untuk mengurangi pengeluaran.

Presiden Emirates Airline Tim Clark mengatakan, pesawat yang tampak tidak berjendela dari luar itu dihadirkan semata demi kenyamanan penumpang. Kualitas jendela virtual pun diklaim lebih baik dibandingkan jika melihat langsung dengan mata telanjang.

"Pesawat ini tidak memiliki kelemahan struktural karena jendela-jendelanya. Selain lebih ringan, terbangnya akan lebih cepat dan lebih tinggi karena membutuhkan lebih sedikit bahan bakar," kata Clark, dikutip dari laman The Independent.

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa menganggap pesawat berjendela virtual aman-aman saja dan tidak mendampak buruk pada keamanan penumpang. Namun, pakar keamanan aviasi Profesor Graham Braithwaite dari Universitas Cranfield punya pendapat lain.

"Melihat ke luar pesawat sangat penting dalam kondisi tertentu, terutama jika evakuasi darurat harus dilakukan. Awak kabin perlu memastikan semuanya aman dan hal itu mungkin tidak mudah untuk disertifikasi oleh regulator keamanan penerbangan," kata Braithwaite.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES