Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Pelatih Ini Ajari Kudanya Bantu Pengidap Stres

Jumat 25 May 2018 18:49 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolanda

kuda

kuda

Foto: drinspirasi
Reaksi kuda merupakan cerminan dari perasaan seseorang di dekatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih kuda Fernando Noailles mengajarkan hewan-hewan peliharaannya membantu orang-orang yang mengidap stres dan gangguan kecemasan. Para kuda dilatih untuk menafsirkan dan mengendalikan emosi orang-orang yang dilihatnya.

Pria 57 tahun itu tinggal di pegunungan Guadalix, Madrid, Spanyol, bersama kawanan kudanya. Klien Noailles yang membutuhkan sesi relaksasi biasanya datang dan merasa tenang setelah berinteraksi dengan kuda.

Pengidap stres diminta mengamati reaksi kuda yang merupakan cerminan dari emosi dan kondisi mental orang tersebut. Satu kali sesi demikian memakan biaya hingga 120 euro atau sekitar Rp 1,99 juta.

Seseorang dengan pikiran tak menentu dan runyam, misalnya, akan melihat kuda yang berlarian tak tentu arah. Entah bagaimana, kuda mengetahui kondisi mental orang yang ada di hadapannya, menunjukkan isi pikirannya.

"Kuda itu cermin. Mereka adalah makhluk yang suka berteman, lahir untuk hidup dalam kawanan," ujar Noailles, seperti dikutip dari laman ABC News, Jumat (25/5).

Meski biaya untuk berinteraksi dengan kuda tidak murah, banyak orang datang menjadi klien Noailles. Salah satunya adalah Loreto Garcia yang sudah menjalani terapi selama dua tahun untuk membantu mengatasi stres.

"Fernando melihat reaksi kuda - dia bisa tahu pikiran saya terpusat pada apa saat itu, bagaimana perasaan saya. Dia menggunakan kuda sebagai panduan untuk memberi tahu bagaimana sesi selanjutnya akan berjalan," kata Garcia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES