Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Australia tak Ragu Daur Ulang Sejumlah Barang Sepele Ini

Jumat 05 January 2018 13:59 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Kemasan daur ulang. Ilustrasi

Kemasan daur ulang. Ilustrasi

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Indonesia masih memiliki masalah besar terkait pengelolaan sampah dan upaya daur ulang limbah. Barangkali, kita bisa belajar dari Australia yang tak ragu memilah sampah berdasarkan jenis dan mendaur ulang barang sepele berikut.

- Coffee pod

Coffee pod pada mesin pembuat kopi yang berguna untuk menjaga konsistensi rasa minuman kopi dimanfaatkan lagi dalam program daur ulang gratis TerraCycle yang digagas Nespresso Capsules. Kedai kopi di Australia juga mendaur ulang bubuk kopi menjadi kompos, selain melumatkan aluminium dan memakainya lagi.

 

- Bohlam lampu

Alih-alih melemparkan bohlam lampu bekas ke tempat sampah, warga negeri kanguru itu diminta untuk mendaur ulangnya. Tempat pembuangan akhir Australia Selatan bahkan memberlakukan larangan membuang bohlam lampu dan membuka stasiun daur ulang khusus agar warga bisa menyetornya secara mandiri.

 

- Kotak pizza

Setelah makan-makan, kotak pizza biasanya sudah dipenuhi remah dan noda saus sehingga kita ingin langsung membuangnya. Padahal, secara teknis kondisi kotor itu tidak berpengaruh pada proses daur ulang dan bisa membuat kotak tersebut kembali dimanfaatkan.

 

- Batu baterai

Batu baterai ukuran AA, AAA, C, D, alkaline, carbon-zinc, lithium, silver-zinc, sampai baterai kecil untuk jam tangan harus didaur ulang di Australia. Dinas terkait cukup ketat mengaturnya karena membuang baterai sembarangan bisa menyebabkan masalah signifikan terhadap lingkungan.

 

- Kaleng bensin

Kaleng bensin yang terbuat dari baja dan aluminium dapat didaur ulang terus-menerus tanpa penurunan kualitas. Australia menyadari keuntungannya karena memproses ulang kaleng membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit daripada membuat yang baru.

 

- Kemasan susu cair

Sejumlah wilayah di Australia mendaur ulang kembali kotak karton kemasan susu cair yang digunakan warganya. Bagian karton dipisahkan dari lapisan plastik dan aluminium foil dengan cara merendam dan memutar-mutarnya di air, dikutip dari laman Daily Mail.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA