Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Fosil Kepiting Purba Ini Mirip Darth Vader

Ahad 10 December 2017 15:19 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Fosil kepiting purba mirip Darth Vader

Fosil kepiting purba mirip Darth Vader

Foto: Foxnews

REPUBLIKA.CO.ID, ALBUQUERQUE --  Ahli paleontologi dari Museum Sejarah Alam dan Ilmu Pengetahuan Alam New Mexico diAlbuquerque dan Universitas Colorado di Denver telah menerbitkan sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan kepiting tapal kuda fosil yang telah punah 245 juta tahun lalu. Yang menarik, fosil kepiting itu mirip dengan tutup kepala yang dikenakan tokoh Star Wars Darth Vader.

"Dikenal sebagai Vaderlimulus, kepiting tapal kuda memiliki proporsi tubuh yang tidak biasa, (itu) memberikan penampilan aneh," kata penulis utama Allan J. Lerner,seperti yang dikutip dari Fox News, Ahad (10/12).

Tim tersebut (dengan anggota Lerner, Spencer G. Lucas, dan Martin Lockley) menyimpulkan Vaderlimulus termasuk bagian dari keluarga kepiting tapal kuda yang sudah punah, yaitu Austrolimulidae.

Vaderlimulus adalah fosil kepiting tapal kuda Amerika Utara pertama dari bebatuan Periode Trias yang berakhir 201 juta tahunyang lalu ketika dinosaurus dan mamalia baru saja memulai perkembangan evolusioner mereka.

Menurut catatan fosil, kepiting tapal kuda telah ada selama setidaknya 470 juta tahun. Namun fosil langka ini membuat Vaderlimulus menjadi kasus khusus.

Kepiting tapal kuda bukan kepiting sebenarnya, karena mereka adalah bagian dari keluarga Limulidae dan lebih dekat hubungannya dengan kalajengking dan laba-laba. Hanya ada empat spesies yang tersisa di planet ini dengan jumlah populasi sedikit.

Keempat jenis tersebut meliputi kepiting tapal kuda mangrove (ditemukan di Asia Tenggara), kepiting tapal kuda Atlantik (ditemukan di Teluk Meksiko dan di sepanjang garis pantai Atlantik), TachypleusGigas, dan Tachypleus Tridentatus (terletak di Asia Tenggara dan Asia Timur). Fosil yang saat ini ditemukan di Idaho merupakan bagian dari super benuaPangaea.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES