Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Belulang Raja Richard Ditemukan di Lapangan Parkir

Selasa 05 Feb 2013 09:18 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Fernan Rahadi

King Richard III

King Richard III

Foto: mashable.com

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Universitas Leicester Inggris telah menemukan tulang-belulang milik Raja Richard III. Tidak disangka, tulang-belulang tersebut ditemukan di bawah lapangan parkir gereja Greyfriars.

Arkeolog telah melakukan penggalian sejak Agustus 2012. Gereja tersebut diduga berada di lapangan dewan kota Leicester. Pada 6 September 2012 tulang-belulang tersebut ditemukan.

Dilansir laman Fox News, Selasa (5/2), Fakultas Arkeologi dan Sejarah Universitas Leicester mengumumkan hasil tes DNA atas tulang tersebut. Hasilnya, tengkorak tersebut benar milik Raja Richard III.

"Tengkorak tersebut dalam kondisi bagus meskipun agak rapuh," ujar peneliti Jo Appleby.

Penemuan tersebut termasuk tulang belakang yang melengkung dan luka konsisten di kepala. Dua ciri ini sesuai dengan catatan sejarah Raja Richards yang tewas dibunuh dalam perang. Tulang belakang yang mengalami skoliosis juga cocok dengan ciri-ciri yang diberikan William Shakespeare yang menulis kisah Raja Richard III.

Richard tewas pada Agustus 1485 pada Pertempuran Bosworth Field di Midlands Inggris. Dalam catatan ia dimakamkan oleh biarawan Fransiskan di gereja mereka di Leicester, 100 km di utara London. Namun gereja tersebut dibongkar oleh Raja Henry VIII pada 1538 dan lokasi tersebut akhirnya dilupakan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA