Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Kotoran Burung Ini Dipercaya Bikin Wajah Mulus

Kamis 27 Dec 2012 15:31 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Burung Bul-bul

Burung Bul-bul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, mulus, dan berkilau. Terkadang, metode yang digunakan terkesan sedikit nyeleneh.  

Salah satunya adalah perawatan wajah yang sedang menjadi tren di Jepang saat ini: Geisha facial. 

Geisha facial adalah facial atau perawatan wajah menggunakan kotoran burung. Metode ini diyakini sering digunakan para geisha di masa lalu untuk mempercantik dan memuluskan kulit wajah. 

Kotoran burung yang digunakan memang bukanlah sembarang kotoran burung. Jenis burung yang digunakan adalah burung bulbul (nightingale), yang kotorannya dicampur dengan tepung beras dan air. Tekstur tepung beras yang kasar berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati melalui pengelupasan.

Namun, tidak semua kotoran burung bulbul bisa digunakan untuk perawatan wajah ini. Bahan dasar untuk perawatan wajah ini secara khusus diimpor dari peternakan burung bulbul di Jepang, sebagaimana diberitakan Boldsky.

Burung bulbul ini diternak dan diberi pakan berupa biji oraganik, sehingga kotoran yang dihasilkan seratus persen organik. Kadang kala, burung-burung bulbul yang diternak ini juga diberi pakan ulat bulu.

Kotoran yang dihasilkan belum dapat digunakan secara langsung, karena harus melewati sterilisasi menggunakan sinar UV. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap, dengan membuang kandungan urea dari kotoran. Kotoran yang sudah steril ini lalu diproses menjadi bubuk dan siap dikirim lalu digunakan.

Perawatan wajah dengan kotoran burung itu dipercaya dapat menyamarkan flek hitam dan mencerahkan wajah. Konon, selebritis seperti Victoria dan David Beckham adalah penggemar berat jenis perawatan wajah ini. Tom Cruise juga salah satu aktor yang rutin menggunakan facial kotoran burung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA