Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Kacamata Hitam yang Terlarang

Senin 30 May 2011 09:36 WIB

Red: cr01

Seorang polisi Vietnam dengan kacamata hitamnya.

Seorang polisi Vietnam dengan kacamata hitamnya.

Foto: news.com.au

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI – Rezim komunis Vietnam melarang aparat kepolisian mengenakan kacamata hitam, chatting (ngobrol), merokok dan memasukkan tangan ke saku saat mereka bertugas di tempat umum.

"Berdasarkan aturan perundang-undangan baru Kementerian Keamanan Publik, petugas kepolisian juga harus "menjaga tata krama" dan berada dalam posisi yang tepat ketika bertugas," tulis situs koran pemerintah berbahasa Inggris, Tuoi Tre.

"Ini juga berarti bahwa polisi lalu lintas tidak boleh bersembunyi di balik pohon untuk "menyergap" dan menilang warga," lanjut situs tersebut, dalam laporan akhir pekannya.

Aturan baru ini juga melarang petugas kepolisian membaca buku, menelepon atau menjawab panggilan telepon genggam yang tidak terkait dengan tugas mereka, meminum alkohol atau makan di restoran yang secara ilegal berada di atas trotoar.

Warga Vietnam selama ini memandang polisi lalu lintas (polantas) sebagai aparat yang terkenal korup.

Tahun lalu AS, lembaga HAM Human Rights Watch (HRW), mendesak Vietnam untuk menyelidiki "meluasnya kebrutalan polisi". HRW telah mendokumentasikan 19 insiden kebrutalan polisi yang dilaporkan oleh lembaga penegak hukum tahun lalu, di mana kekerasan ini mengakibatkan 15 orang tewas.


sumber : AFP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA