Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Salaman Tifatul-Michelle Masih Jadi Gunjingan di Dunia Maya

Kamis 11 Nov 2010 01:00 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Salaman Tufatul Sembiring-Michelle Obama

Salaman Tufatul Sembiring-Michelle Obama

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--"Katanya gak mau jabat tangan sama wanita yang bukan muhrim. pake acara ngeles lagi," tulis netter bernama ekatrosno dalam Twitter pribadinya. Sedang netter lainnya, Ree-ama, menyebut hal ini bentuk kemunafikan. Ia mengomentari tweet sebelumnya yang menyebut jabat tangan dengan Michelle Obama adalah salah satu dari sekian banyak bentuk inkonsistensi yang dilakukannya.

Siapa orang yang dihujat tak konsisten itu? Tak lain adalah Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring. Tokoh yang selama ini selalu menghindari jabat tangan dengan lawan jenis itu akhirnya "luluh" di depan tamu negara, Michelle Obama, istri orang nomor satu Amerika Serikat, Barack Obama.

Jabat tangan Tifatul ini, ternyata menarik perhatian media dunia. Situs www.theatlanticwire.com, misalnya, menulis: Sembiring, yang suka memamerkan ketaatan yang tegas pada praktik Islam konservatif, biasanya menahan diri dari setiap kontak fisik dengan perempuan. Tapi Michelle Obama tampaknya tidak tahu bahwa ketika dia meraih tangan menteri, dan saat itulah masalah dimulai."

Situs lain, MSNBC mengangkat judul berdasar omongan Tifatul: menyalami Michelle karena "kecelakaan". "Saya mencoba untuk mencegah (disentuh) tapi Mrs Michelle memegang tangannya terlalu jauh ke arahku (jadi) kita bersentuhan," kata Menteri Informasi Tifatul Sembiring, seperti dikutip MSNBC.

Media ini melanjutkan, "Meskipun Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, sebagian besar mempraktikkan bentuk moderat dari keimanannya. Namun Sembiring telah memamerkan kesalehannya, antara lain menghindari kontak dengan wanita yang tidak berhubungan dengan dia."

Media menuliskannya lengkap dengan mengutip bantahan Tifatul. Media www.theatlanticwire.com mengutip ucapannya bahwa dia terpaksa melakukannya. "Dia bilang dia lakukan, tapi bukan karena pilihan. Rekaman di YouTube menunjukkan sebaliknya, dan ini memicu perdebatan di  Facebook, Twitter dan sisanya di blogosphere," tulisnya.

Hingga hari ini, gunjingan di ranah Twitter dan facebook masih berseliweran. Seorang pembaca Republika Online dengan nama Lelis, juga meninggalkan komentarnya di laman Facebook ROL, "Ustadz, brg siapa yg bjabat tgn dg perempuan yg bkn muhrimnya,mk aKn mndpt murka dr Alloh (HR Ibnu Badawiyah).

Namun, Tifatul sudah lebih santai menanggapinya. Entah menanggapi kontroversi ini atau yang lain, ia menuliskan tweet-nya hari ini: "aneh saja yg begitu ko jadi berita, kurang bahan tampaknya..." dan satu lagi "Hmmm saya mulai faham poinnya, intinya ngiri aja..." Ah, Pak Menteri bisa saja...

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES