Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

JK: Nelson Mandela Berjasa Kenalkan Batik Indonesia

Jumat 06 Dec 2013 10:06 WIB

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Citra Listya Rini

Nelson Mandela

Nelson Mandela

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla secara khusus mengucapkan terima kasih kepada mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, yang hari ini wafat di usianya ke 95 tahun.  JK menilai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan itu,  telah berjasa memperkenalkan batik Indonesia di kancah internasional.

"Nelson Mandela lebih memperkenalkan batik kita di dunia internasional," kata JK di Jakarta, Jumat (6/11).

Menurut Ketua Umum PMI itu, Nelson Mandela lebih berani daripada dia dalam mengenakan batik di acara-acara internasional. Memang, dalam beberapa kali kesempatan, Nelson terlihat dalam busana batiknya.

"Dia berani memakai batik dalam sidang PBB. Kalau saya barangkali masih ragu memakai batik dan berbicara dalam sidang PBB, tapi dia tidak,'' ujarnya. 

Bahkan, karena dia begitu dihormati rakyatnya tidak ada satupun warga atau pejabat pemerintahan di Afsel yang berani memakai batik selain Nelson Mandela.

"Saya pernah bertanya dengan wakil presiden Afsel, kenapa batik hanya dipakai Nelson Mandela. Dia bilang rakyatnya takut memakai baju itu karena itu dianggap sebagai baju Mandela, sehingga kalau dipakai bisa bahaya," ucap JK. 

Kecintaan Nelson Mandela akan batik memang diungkapkan lewat aksi nyata. Dia mengenakan batik dalam berbagai acara resmi bahkan internasional. ''Terima kasih dan selamat jalan Nelson Mandela,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA