Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Agus Kuncoro Perankan KH Wahid Hasyim

Rabu 24 Oct 2012 22:26 WIB

Rep: Umi Lailatul/ Red: Karta Raharja Ucu

Agus Kuncoro berperan sebagai KH Wahid Hasyim dalam film 'Sang Kyai'.

Agus Kuncoro berperan sebagai KH Wahid Hasyim dalam film 'Sang Kyai'.

Foto: Antarafoto

REPUBLIKA.CO.ID, MENTENG -- Aktor Agus Kuncoro sedang sibuk kursus Bahasa Arab, Belanda, dan melafalkan dialek Jombang. Semua itu dilakukan Agus agar perannya sebagai anak pendiri Nahdatul Ulama, KH Wahid Hasyim dalam film 'Sang Kyai' lancar.

Aktor 40 tahun itu mengaku tertantang memerankan ayahanda Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid tersebut. "Peran yang sangat menantang. Tantangannya adalah saya harus menggunakan dialek Jombang dan mengimami shalat di depan santri Jombang," katanya di Jakarta, Rabu (24/10).

Tantangan lain adalah ia harus mahir berbahasa Arab dan Belanda. "Mata saya harus bisa mencerminkan sebagai orang yang bisa bahasa Arab, Belanda dan Jawa Timur," sebut suami Anggia Jelita itu.

Agus mengatakan peran yang didapatkannya tidak mudah. Selain karena faktor ketokohan Wahid Hasyim, Agus juga harus mahir tiga bahasa. (baca: Kisah Perjuangan Hasyim Asy'ari Difilmkan).

"Ini tidaklah mudah untuk mempelajari bahasa-bahasa itu. Tapi itu harga yang pantas demi memerankan tokoh besar seperti Wahid Hasyim," sebutnya.

Agar aktingnya total dan natural, Agus pun telah melakukan observasi sebelumnya terhadap karakter Menteri Agama pertama Indonesia tersebut. Agus menilai film ini mampu membangkitkan kecintaannya terhadap Indonesia.

"Di saat rasa nasionalisme rakyat semakin terkikis. Bola kalah mulu, bulu tangkis juga sama, cuma angkat besi yang bisa diandalkan. Nah, film ini ngasih gue alasan kenapa harus mencintai Indonesia," ujarnya menandaskan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES