Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Ini Lima Fakta Unik Neil Armstrong

Senin 27 Aug 2012 09:21 WIB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Hazliansyah

Neil Armstrong

Neil Armstrong

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Meski dielu-elukan sebagai pahlawan Amerika Serikat dengan pendaratan fenomenalnya di bulan, Neil Armstrong dikenal sebagai sosok yang pendiam. Ia selalu enggan dengan publisitas yang berlebihan atas prestasinya itu dan selalu irit bicara di media dan pidato di depan publik.

Bahkan terkait kematian Neil Armstrong, Sabtu (25/8)  lalu, juga begitu tertutup. Pihak keluarga enggan membeberkan lebih jauh tentang kematian dan mempersilahkan setiap orang untuk mengenang Armstrong dengan melihat bulan.

Berikut beberapa fakta unik dari manusia pertama yang berjalan di bulan itu.

1. Ketertarikan Armstrong pada dunia penerbangan terlihat sejak masa kecilnya.

Ia sudah mendapat sertifikat pilot untuk pelajar di usia 16 tahun, sebelum ia mendapat surat izin mengemudi untuk mobil. "Ia tidak pernah punya pacar, ia juga tidak butuh mobil. Yang ia butuhkan hanya pergi ke airport," kata ayah Armstrong dalam biografinya yang berjudul 'First Man'.

2. Detak jantung Armstrong tercatat 150 kali per menit di saat-saat menjelang pendaratannya di permukaan bulan.

"Saya percaya setiap manusia memliki detak jantung yang terbatas," kata dia mengomentari catatan detak jantungnya sendiri yang dipublikasikan oleh NASA.

3. Sebuah kawah di bulan diberi nama 'Armstrong'.

Kawah itu terletak sekitar 50 kilometer dari lokasi pendaratannya di bulan. Saat ditanya tentang pengalamannya di bulan, Armstrong hanya mengatakan, "Itu adalah tempat yang menarik untuk tinggal. Saya merekomendasikannya."

4. Pada tahun 2005, Armstrong marah-marah kepada seorang tukang cukur yang menjual kliping berisi rambutnya seharga 3000 dolar AS kepada kolektor. Pembeli kliping itu menolak saat diminta mengembalikan.

Si pembeli mengatakan, ia telah menambahkan rambut Armstrong dalam koleksi rambut Abraham Lincoln, Napoleon, Marilyn Monroe, Albert Einstein dan beberapa tokoh dunia lain yang dimilikinya.

5. Meski terkenal pendiam, Armstrong pernah tampil dalam iklan komersial televisi untuk  Chrysler. Ia lantas beralasan, tindakannya itu untuk membantu  pabrikan mobil itu untuk keluar dari kesulitan finansial.


sumber : NBC
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA