Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Kopi Bantu Iwan Fals Ciptakan Lagu

Kamis 26 Jul 2012 23:22 WIB

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hafidz Muftisany

Iwan Fals

Iwan Fals

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi senior Iwan Fals mengaku keranjingan minuman kopi. Sebagai seorang seniman, kopi mampu membantu pelantun "Bento" ini menghasilkan karya.

"Lagu-lagu saya mungkin gak akan terlahir tanpa kopi," ucapnya saat ditemui di acara 'Top Coffe Ngetop bareng Iwan Fals' di Planet Hollywood, Jakarta, Kamis (26/7).

Kopi membantu pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ini berkonsentrasi mencipta lagu. "Misalnya saat bikin lagu Umar Bakri, itu dibantu sama kopi," ujarnya.

Pria kelahiran Jakarta, 51 tahun lalu ini memang sangat menyukai kopi. Bila belum minum kopi, Iwan Fals merasa seperti ada sesuatu yang hilang. Pemusik yang menghabiskan masa kecilnya di Bandung ini gemar menyeruput kopi buatan sang istri. "Saya suka kopi hitam dan tidak terlalu manis," katanya. 

Tiada satu hari pun ia lewati tanpa kopi. Dalam sehari, ayah dari almarhum Galang Rambu Anarki ini bisa minum minimal dua gelas kopi. Akibat kebiasaannya sejak SMP itu, perutnya sempat kembung yang membuatnya terpaksa menghentikan mengonsumsi kopi. Namun karena sudah ketagihan, hal tersebut tidak berlangsung lama. "Pas sudah gak sakit, lanjut ngopi lagi," ucapnya.

Kala bulan puasa seperti saat ini, intensitas minum kopi penyanyi legendaris ini berkurang. Iwan hanya minum kopi satu kali usai shalat tarawih, yakni sekitar pukul 21.00 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA