Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Katon Ciptakan Lagu untuk Korban Merapi

Rabu 11 Jan 2012 20:06 WIB

Rep: Yoebal Rasyid/ Red: Chairul Akhmad

Katon Bagaskara

Katon Bagaskara

Foto: Dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Artis kondang Katon Bagaskara, si pelantun lagu ''Yogyakarta'', terlihat begitu gembira ketika berdialog langsung dengan warga korban Merapi di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Rabu (11/1).

Selama ini, ia memang mengetahui erupsi Merapi lalu begitu dasyat, tapi baru kali ini bisa melihat sendiri dampak erupsi itu. Kunjungan singkatnya ke Desa Glagaharjo terlihat begitu dinikmatinya. ''Saya melihat betapa rerumputan hijauan di sini bisa hidup kembali, dan menghidupkan lagi para peternak sapi perah di sini. Ini anugerah alam,'' ujarnya.

Katon hadir dalam acara penyerahan bantuan kandang sapi perah bagi warga korban Merapi. Bantuan Rp 2,5 miliar untuk pembangunan 500 kandang ini hasil kerjasama Pundi Amal SCTV dan Bank Mandiri.

Warga pun antusias hadir di acara itu begitu mengetahui Katon akan hadir.  Untuk menghibur warga, Katon pun menyanyikan dua lagi hitnya ''Negeri di Awan'' dan ''Yogyakarta'' dengan iringan gitarnya.

Suasana menjadi hening ketika Katon melantunkan lagu gubahannya yang berjudul ''Merapi''. ''Kuterbawa dalam alun legenda, betapa kau dipuja insan sebagai pertanda saksi dunia. Kita makin menua dalam harap. Hidup damai kita tetap terjaga, oh engkau Merapi,'' demikian reff lagu yang dibawakan pentolan Kla Project ini.

Menurut Katon, orang modern seperti dirinya kadang lupa bahwa kehidupan ini seharusnya selaras dengan alam. ''Seperti yang dicontohkan di Merapi ini, alam ternyata memberi kehidupan bagi warganya. Dan warganya juga pasrah menerima seandainya suatu saat Merapi meminta pada mereka, bahkan hidup mereka sendiri,'' paparnya.

''Dengan datang ke sini, saya semakin menyakini bahwa kehidupan ini seharusnya tak bisa dilepaskan dengan alam di sekitar kita ini,'' pungkasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB