Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Menghidupkan Kembali Seni Tradisi Jipeng

Kamis 07 Sep 2017 17:25 WIB

Rep: Edi Yusuf/ Red: Sadly Rachman

Grup Kulup Sinar Kulun saat memainkan seni tradisi Jipeng di Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, di Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Foto: Republika/Edi Yusuf
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Malam yang cukup dingin terasa hangat saat para pemain Jipeng naik ke panggung. Bermain musik, menyanyi, menari, dan bersandiwara dengan menampilkan adegan-adegan lucu yang membuat para penonton terhibur pada acara "Revitalisasi Seni Tradisi Jipeng" dari grup Kulup Sinar Kulun, yang digelar Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, di Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Jipeng berasal dari kata Tanji dan Topeng disingkat menjadi Jipeng. Seni Jipeng sendiri mempunyai kemiripan dengan Tanjidor Betawi, hanya saja disela-sela permainan musik Tanji disertakan tarian dan drama yang biasa disebut topeng.

Kepala adat Kasepuhan Adat Sinar Resmi Abah Asep Nugraha berharap dengan adanya perhatian pemerintah seperti pembinaan para pelaku seni, pengadaan alat-alat kesenian dan  publikasi berupa pementasan, diharapkan kesenian tradisional Jipeng tetap lestari.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer:
Edi Yusuf

Video Editor:
Wisnu Aji Prasetiyo

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA