Senin, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 Desember 2018

Senin, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 Desember 2018

Penuh Kejutan di 30 Tahun Kla Project

Kamis 06 Des 2018 15:26 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Penampilan Kla Project  dalam konser tunggal yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

Penampilan Kla Project dalam konser tunggal yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Meski dihelat di hari kerja, tiket konser habis terjual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan mulus tak selalu dihadapi grup band Kla Project selama 30 tahun berkarier di belantika musik Indonesia. Meski begitu, Kla Project berhasil membuktikan kematangan usia mereka sebagai musisi dengan menghadirkan beragam kejutan dalam "Konser 30 Tahun Kla Project".

Salah satu kejutan dalam "Konser 30 Tahun Kla Project" adalah jumlah lagu yang dibawakan terbilang banyak. Dalam rangka memperingati usia yang ke-30, band yang digawangi oleh Katon Bagaskara, Adi Adrian, dan Romulo Radjadin atau Lilo ini membawakan 30 lagu di hadapan para penggemar yang memenuhi Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Rabu malam (5/12).

Membawakan 30 lagu dalam satu acara konser tentu membutuhkan stamina yang tinggi. Oleh karena itu, baik Katon, Adi maupun Lilo melakukan persiapan yang matang demi memuaskan penggemar Kla Project atau Klanese.

photo

Penampilan Gitaris Kla Project, Ari Burhani bersama Isyana Sarasvati dalam konser tunggal Kla Project yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

"Treadmill aja, juga jaga makan. Saya juga sering bertemu sama orang-orang yang lebih muda, itu juga bisa memberi nafas bagi saya," kata Katon saat ditemui seusai konser.

Kejutan lain yang ditampilkan oleh Kla Project adalah terkait lagu-lagu yang dibawakan. Adi mengatakan semua lagu dibawakan dengan kunci dan range vocal seperti pada 30 tahun lalu. Adi menambahkan, grup band profesional luar negeri sekalipun biasanya akan menurunkan kunci lagu setengah nada saat membawakan lagu-lagu mereka secara live dalam konser.

"(Lagu) 'Yogyakarta' malah dinaikin (kuncinya)," timpal Adi.

photo

Penampilan Vokalis Kla Project, Katon Bagaskara dalam konser tunggal yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

Dalam konser berdurasi kurang lebih tiga jam ini, Kla Project juga menghadirkan tiga bintang tamu yang berkolaborasi dengan mereka di atas panggung. Ketiga bintang tamu ini adalah penyanyi solo Isyana Sarasvati dan Mohammad Istiqamah Djamad atau Is serta politikus Yenny Wahid.

Penampilan para bintang tamu ini mampu menghipnotis penonton dengan karisma mereka masing-masing di atas panggung. Isyana misalnya, berkolaborasi dengan Kla Project melalui lagu "Laguku" dan memberikan penampilan solo yang memukau dengan membawakan lagu "Takluk".

Is juga berhasil mengejutkan para penonton konser dengan dua buah lagu yang ia bawakan secara akustik. Salah satu lagu yang ia bawakan adalah "Akad" miliknya sendiri. Sedangkan satu lagu lain yang ia bawakan adalah "Belahan Jiwa" milik Kla Project.

photo

Penampilan Vokalis Kla Project, Katon Bagaskara dan Yenny Wahid dalam konser tunggal yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

Sedangkan Yenny Wahid tampil memukau dengan membacakan puisi sambil diiringi Adi dan Lilo. Yenny pun sempat menunjukkan kebolehannya bernyanyi dalam lagu "Waktu Tersisa".

"Puisi ini ditulis beliau sendiri ketika melihat kami berlatih," kata Katon memuji penampilan Yenny.

Dalam konser ini, bukan hanya Kla Project yang membawa beragam kejutan bagi para Klanese. Sebaliknya, Klanese pun memberikan kejutan yang berarti bagi Kla Project di usia mereka yang sudah mencapai 30 tahun.

Salah satu kejutan tersebut semua tiket "Konser 30 Tahun Kla Project" terjual habis. Meski konser digelar di hari kerja, para Klanese yang datang dari berbagai daerah terlihat memenuhi ruangan Plenary Hall JCC yang terbilang besar. Selain itu, Klanese pun memberikan sambutan yang hangat kepada Kla Project dan mengikuti konser dengan antusias hingga usai.

photo

Penampilan mantan vokalis payung teduh Is dalam konser tunggal Kla Project yang bertajuk Karunia Semesta di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis (6/12).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES