Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Tonton Konser Guns N’ Roses, Jikun Nilai 90

Jumat 09 Nov 2018 18:53 WIB

Rep: Farah Nabila Noersativa/ Red: Agung Sasongko

Grup band Guns N Roses menggelar konser bertajuk Not In This Lifetime Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11).

Grup band Guns N Roses menggelar konser bertajuk Not In This Lifetime Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Jikun berpendapat penampilan Guns N' Roses patut diacungi jempol.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gitaris /Rif, Jikun, memberikan nilai 90 atas penampilan dari band hard rock asal Amerika Serikat Guns N’ Roses (GNR). Ditemui di area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jikun berpendapat, penampilan band legendaris itu patut diacungi jempol.

”Gue kira kalau dari skala nol hingga 100, ya 90 mungkin ya,” kata Jikun usai konser, Kamis (8/11).

Dia mengatakan, penampilan ketujuh personel GNR patut diapresiasi. Sebab, menurutnya, tak mudah sebagai musisi manggung selama tiga jam nonsetop, seperti yang dilakukan oleh punggawa-punggawa band itu.

Gitaris yang juga merupakan pentolan band Jikunsprain itu menceritakan, secara pribadi, sebagai musisi, dia sendiri paling banyak membawakan sebanyak 23 lagu. "Ini luar biasa. Gue aja yang manggung paling banyak 23 lagu udah capek banget. Ini hampir 30 lagu, selama tiga jam loh,” ujar Jikun.

Dia menilai, penampilan yang paling mendominasi di antara ketujuh personel tersebut adalah Slash, sang gitaris. Menurutnya, hampir di setiap lagu, Slash tampil secara dominan dengan banyak melodi yang sering kali terlalu cepat dari tempo.

Namun, dia memaklumi hal itu. Sebab, hal itu menjadi ciri khas dari Slash. “Kalau nggak terlalu cepat dan tertib gitu, ya bukan Slash," tuturnya.

Selain itu, Jikun juga menilai penampilan Axl Rose sang vokalis juga tetap menjadi pusat perhatian. Meskipun begitu, dia menilai, sang pembetot bas, Duff McKagan juga terlihat begitu charming walaupun dia juga telah terbilang sudah tak lagi berusia muda.

“Sayangnya, dari segi sound system, dia menilai lebih bagus penampilan GNR pada 2012 lalu di Ancol. Menurutnya, suara bas McKagan yang seharusnya bisa menonjol dan didukung oleh sifat charming-nya malah terdengar tenggelam.

“Sayang banget basnya terdengar tenggelam. Padahal, GNR itu beberapa lagunya menonjolkan melodi bas. Begitu juga dengan drumnya,” kata dia.

Meskipun begitu, dia tetap menikmati pagelaran konser yang dihadiri oleh puluhan ribu penonton itu. Secara keseluruhan, dia mengaku cukup puas dengan penampilan GNR malam itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES