Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Keyakinan Bimbim Bawa Slank Eksis Selama 35 Tahun

Rabu 17 Okt 2018 09:42 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Bimbim Slank

Bimbim Slank

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bimbim yakinkan dirinya sanggup membuat band yang mendunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini grup musik Slank memasuki usia yang ke-35 tahun berkarya. Pendiri Slank Bimo Setiawan Almachzumi atau yang akrab dikenal sebagai Bimbim mengenang pertama kali dia membentuk band ini.

"Gue orangnya pede dan selalu meyakinkan diri gue depan cermin. Mau bikin band yang top dan mendunia," kata Bimbim di Jakarta, Selasa (16/10).

Pada 26 Desember 1983, nama Slank tercipta. Sebelumnya band besutan Bimbim bernama Red Evil. Formasi pertama Slank adalah Erwan (vokal), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Ahmad Ramadhani (bass), dan Bimbim (drum). Kampus Universitas Nasional (Unas) merupakan saksi sejarah pemunculan perdana Slank. Awalnya, Slank berulang kali mengalami bongkar-pasang formasi.

Markas Slank di Jalan Potlot, Duren Tiga, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menjadi tempat nongkrong anak band. Alumnusnya antara Iain Oppie Andaresta, Imanez, Andi Liani, Anang Hermansyah, dan video maker Dimas Jayadiningrat.

Pada pergantian formasi ke 13 Kaka (vokal), Pay (gitar), Bongky (bass), Indra Q (keyboard) dan Bimbim (drum). Sebelumnya Kaka masuk untuk mengisi kekosongan dari vokalis Slank. "Awalnya itu saya lagi manggung di Pensi anak Tarki, terus Bimbim nonton. Setelah selesai Bimbim langsung minta kontrak dua tahun," kata Kaka.

Lirik lagu Slank mengangkat tema yang sangat beragam dengan bahasa keseharian. Mulai percintaan, budaya, sosial hingga politik. Sejak awal mereka terbiasa menyuarakan kegelisahan melalui bahasa lugas yang mudah ditangkap oleh masyarakat. Beberapa lagu wajib Slankers diantaranya, Terlalu Manis, Anyer 10 Maret, I Miss You But I Hate You, Balikin, Orkes Sakit Hati, Ku Tak Bisa, Kamu Harus Pulang dan lainnya.

Slank terus sibuk di dunia panggung dan rekaman, bahkan ketika band seangkatannya banyak yang berguguran. Pada formasi terakhir, atau formasi ke-14, turut berkontribusi dalam melahirkan Slankers generasi baru yang Iebih modis. Mereka adalah Kaka (vokal), Ridho Hafiedz (gitar), Abdee Negara (gitar), Ivanka (bass) dan Bimbim (drum).

Untuk memperingati perjalanan kariernya yang ke 35 tahun, Slank pun berencana menggelar konser  pada 23 Desember 2018 bertempat di Gelora Bung Karno, bertajuk 'Indonesia Now'. Ratusan ribu penonton ditargetkan akan hadir pada konser ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES