Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

23 Tahun Bersama, Naif Tetap Kompak

Rabu 29 August 2018 12:25 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari

David (Vokal), Pepeng (Drum), Emil (Bass), Jarwo (Gitar). Personil grup Naif tetap kompak di usianya yang ke 23 tahun.

David (Vokal), Pepeng (Drum), Emil (Bass), Jarwo (Gitar). Personil grup Naif tetap kompak di usianya yang ke 23 tahun.

Foto: Republika/Nora Azizah
Personil Naif mengaku kebersamaan mereka sudah seperti sebuah pernikahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Naif menjadi salah satu band tertua di Indonesia. Namun usia tersebut tidak mengurangi kekompakan antar sesama personil. Bahkan personil Naif tergolong cukup akur karena tidak pernah berganti anggota sejak pertama kali berdiri.

Saat ditanya resep kekompakan, Naif justru menjawab tidak ada yang spesial. "Kita merasa musik adalah arena bermain buat kami," kata Pepeng, sang drummer. Musik menjadi arena berkumpul bagi keempat personil.

"Kita temanan sudah dari kuliah, sudah nyambung dari dulu," kata Emil yang memegang posisi bass. Cara berteman mulai dari mengobrol sampai bercanda sudah saling paham. Kecocokan tersebut yang membuat para personil hampir tidak pernah bermasalah satu sama lain. Musik juga menjadi tempat bagi Naif berekspresi dan meluapkan ego masing-masing.

Dari keempat personil, sosok Jarwo sang gitaris menjadi yang paling pendiam. Namun di balik sikapnya tersebut Jarwo terbilang 'polos'. "Bingung juga kenapa bisa tetap kompak, ini pertanyaan memang sering ditanyakan ke kita," jelas Jarwo. Namun tidak ada rahasia di balik kekompakan grup musik kuartet bergaya 60-an ini.

Sementara itu David berkomentar, kekompakan Naif merupakan cerminan musik setiap anggotanya. Ketika bermusik, maka Naif sedang bermain. "Kita ini seperti menikah, jadi kalau ada masalah pasti diselesaikan bersama," ungkap David. Keegoisan masing-masing personil selalu diungkapkan melalui musik.

Pada Oktober mendatang, Naif akan berusia 23 tahun. Biasanya setiap ulang tahun grup musik ini selalu membuat konser kejutan bagi penggemar. Namun hingga saat ini mereka belum mempunyai ide dalam merayakan hari jadinya. Naif juga belum merencanakan konser tunggal dalam waktu dekat. Saat ini Naif masih sibuk memperkenalkan album ketujuh mereka bertahuk '7 Bidadari' yang dibuat selama enam tahun.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES