Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Youtube akan Luncurkan Layanan Streaming Musik

Jumat 18 May 2018 02:43 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini

YouTube

YouTube

Foto: EPA
Rencana Youtube menurunkan saham perusahaan layanan musik Spotify dan Pandora.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube akan meluncurkan layanan streaming musik pada 22 Mei pekan depan. Peluncuran Youtube Music tersebut membuat saham perusahaan streaming musik Spotify dan Pandora menurun sekitar 2 persen pada Kamis (18/5) pagi.

Youtube memberi keuntungan Google hingga lebih dari satu miliar pengguna dan pemirsa. "Jadi, ia memiliki peluang untuk mengubah beberapa menjadi pendengar YouTube Music atau pelanggan premium," kata Ali Mogharabi, analis di Morningstar Research, seperti dikutip Reuters, Kamis (17/5).

Youtube akan memanfaatkan nama besarnya untuk pasar musik streaming berbayar yang sedang berkembang. YouTube Music, akan menawarkan versi yang didukung iklan dan berbayar 9,99 dolar AS per bulan. Dengan layanan itu, Youtube akan bersaing langsung dengan tawaran serupa dari Spotify Technology SA, Pandora Media Inc, Apple Inc, dan Amazon.com Inc.

Aplikasi tersebut dilengkapi fitur seperti daftar putar yang dapat dipersonalisasi berdasarkan riwayat akun pengguna. Layanan itu diharapkan dapat menggantikan Google Play Music yang menjadi aplikasi streaming musik yang dipakai Google selama ini, namun tak begitu populer.

Adopsi yang berkembang dari streaming musik berbayar telah menarik generasi pendengar musik dari musik gratis atau bajakan. Hal itu telah membuat layanan seperti Spotify dan Apple Music menjadi sumber pendapatan terbesar industri musik dunia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 August 2018, 23:59 WIB