Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Radio Head Bantah Gugat Lana Del Rey

Rabu 10 Januari 2018 16:05 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari

Lana Del Rey

Lana Del Rey

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band Radiohead membantah mereka menggugat penyanyi Lana Del Rey. Sebelumnya penyanyi Born To Die ini mengklaim bahwa Radiohead meminta 100 persen hak penerbitan dari lagu Get Free. Sebab lagu tersebut memiliki kemiripan dengan lagu Radiohead yang rilis pada 1993, Creep.

Juru bicara Radiohead dari Warner/Chappell, Thom Yorke memberi pernyataan mengenai isu yang beredar. Dia menuturkan bahwa masih dalam proses diskusi dan tidak ada penuntutan.

"Sebagai penerbit musik Radiohead, itu benar bahwa kami telah berdiskusi sejak Agustus tahun lalu dengan perwakilan Lana Del Rey. Itu jelas bahwa verse lagu Get Free menggunakan elemen musik yang dapat ditemukan di verse lagu Creep. Kami meminta untuk pengakuan penulis lagu Creep. Untuk mengatur perekaman, tidak ada tuntutan hukum yang dikeluarkan dan Radiohead tidak berkata mereka hanya menerima 100 persen dari penerbitan Get Free," kata Yorke.

Sebelumnya Del Rey menulis di akun Twitternya mengenai tuntutan tersebut. "Itu benar mengenai tuntutan tersebut. Meski saya mengetahui lagu tidak diinspirasi dari Creep, namun Radiohead merasa seperti itu dan menginginkan 100 persen dari penerbitan," tulisnya.

Lagu tersebut dalam album terakhirnya, Lust For Life tertulis diciptakan oleh Lana Del Rey, Kieron Menzies dan Rick Nowels. Lana saat ini sedang memulai tur dunianya, LA To The Moon Tour. Dia juga telah memberi pernyataan langsung mengenai kasus ini.

"Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya memiliki lagu tertentu yang diinginkan oleh Radiohead sebanyak 100 persen untuk penerbitannya. Sebenarnya satu-satunya alasan mengapa saya menyembutkan hal ini karena sata ingin memberi tahu kalian. Terlepas dari apa yang terjadi di pengadilan, sentimen yang saya tulis dalam lagu itu merupakan nyanyian yang direkam, manifesto pribadi saya, moto manifesto saya," kata Del Rey di Denve, Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman Contact Music.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES