Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Ini Rekaman Pertama Musik yang Dihasilkan Komputer

Selasa 27 Sep 2016 19:09 WIB

Rep: Kabul Astuti/ Red: Winda Destiana Putri

Musik

Musik

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Peneliti asal Selandia Baru merestorasi rekaman pertama musik yang pernah dihasilkan oleh komputer. Tiga melodi sederhana ini direkam pada tahun 1951 oleh ilmuwan komputer asal Inggris, Alan Turing.

Dilansir dari Gizmodo, Selasa (27/9), ilmuwan komputer Alan Turing dikenang sebagai bapak artifisial intelegensi dan penemu tesis Chuch-Turing. Ia mengakui kemampuan komputer untuk melakukan hampir apapun, termasuk menciptakan musik.

Dengan bantuan dari penyiar BBC, Turing mencetak sejarah dengan menjadi orang pertama yang menggunakan komputer untuk menghasilkan musik. Ia merekam musik di media penyimpanan acetate disc 12 inci.

Turing menciptakan musiknya di Laboratorium Mesin Komputasi, Manchester, Inggris lewat perangkat komputer primitif yang memenuhi hampir seluruh ruangan. Tiga lagu yang dia rekam berjudul God Save the King, Ba Baa Black Sheep, dan In the Mood dari Glenn Miller.

Belakangan ini, peneliti dari Universitas Canterburry, Selandia Baru memeriksa satu-satunya salinan yang diketahui dari musik tersebut. Rekaman itu masih berisi audio, namun terdistorsi sangat buruk. "Frekuensi dalam rekaman tidak akurat," kata Professor Jack Copeland dan komposer Jason Long.

Menurut mereka, rekaman terbaik yang ditemukan hanya memberikan kesan kasar bagaimana suara komputer itu terdengar. Untuk merestorasi ketiga lagu tersebut, para peneliti menghapus suara-suara asing dari rekaman dan menyesuaikan kecepatan audio sebagai kompensasi gencarnya 'goyangan' suara.

Anda dapat mendengar karya pertama musik komputer tersebut di soundcloud.com/guardianaustralia/first-ever-recording-of-computer-music. Rekaman ini juga mencakup reaksi geli orang-orang pada masa itu yang mendengarkan musik komputer untuk pertama kalinya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA