Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Bulan Ramadhan Identik dengan Lagu Religi

Senin 30 Jul 2012 12:32 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Opick

Opick

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren untuk menyemarakkan bulan puasa dengan merilis album atau single religi, menurut pengamat musik Bens Leo mulai terjadi sejak awal 2000-an. Saat itu, Hadad Alwi yang merilis album religi mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

Dari situlah muncul lagi penyanyi spesialis religi, seperti Opick dan grup musik Debu, yang tidak pernah absen menyemarakkan Ramadhan. Tren ini semakin menguat setelah band Gigi sukses besar dengan album yang dirilis pada  2004. Album berjudul Raihlah Kemenangan ini berisi 10 lagu religi yang di-recycle dengan gaya bermusik khas Armad Maulana dan para personel Gigi lainnya.

Tren untuk merilis album religi pada Bulan Ramadhan ini, diperkirakan Bens, akan terus berlangsung karena adanya pasar yang besar untuk digarap para label, mengingat 80 persen penduduk Indonesia adalah Muslim.

Hal ini tidak lepas dari penikmat musik di Indonesia yang tentu perlu diberi ruang khusus untuk mampu menikmati lagu religi pada bulan yang memang kental dengan suasana keagamaan. "Selama ada materi lagu yang bisa ditampilkan, produser yang tertarik, dan pasar yang menyerap tentu lagu religi pada Bulan Ramadhan tetap akan banyak ditemui," kata Bens.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA