Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kidung untuk Chrisye

Jumat 06 Apr 2012 23:04 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Vina Pandiwinata tampil diiringi Erwin Gutawa Orchestra dalam Konser

Vina Pandiwinata tampil diiringi Erwin Gutawa Orchestra dalam Konser "Chrisye 2012 Kidung Abadi" di Jakarta, Kamis malam (5/4) lalu.

Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komponis, konduktor dan penata musik Erwin Gutawa menghadirkan kembali  almarhum Chrismansyah Rahadi atau Chrisye dalam konser bertajuk "Konser Chrisye 2012: Kidung Abadi" di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis malam (5/4).

Erwin membuat penyanyi dan penulis lagu yang terlahir dengan nama Christian Rahadi itu melantunkan lagu karyanya yang berjudul "Kidung Abadi" dengan menjahit 246 suku kata dari ratusan lagu dari master suara asli Chrisye. Dia meminta bantuan putrinya Aluna Sagita Gutawa atau Gita Gutawa yang juga seorang penyanyi untuk membuat liriknya. "Saya bilang padanya kalau temanya Chrisye yang sudah tidak ada tetapi tetap abadi," kata Erwin saat jumpa pers usai konser.

Setelah lirik tercipta, sepuluh ahli teknik membantu Erwin untuk memilah, mengedit dna menyatukan potongan-potongan suara Chrisye menjadi sebuah lagu. Proses tersebut berlangsung sekitar tiga bulan.

Klip lagu "Kidung Abadi" sendiri dikerjakan dengan teknik digital imaging dengan potongan-potongan penampilan Chrisye saat menyanyi dan bermusik semasa hidup.

Sebelum menyuguhkan lagu "Kidung Abadi" kepada ribuan penonton konser, Erwin mengatakan bahwa dia sangat menyesal tidak pernah menciptakan lagu untuk Chrisye semasa masih hidup sementara banyak orang-orang yang berbondong-bondong ingin menciptakan lagu untuk Chrisye. Padahal ia begitu dekat dengan Chrisye.

"Untuk menebus penyesalan, saya menciptakan lagu 'Kidung Abadi'," kata pemusik yang sering memproduseri dan menata musik pada konser-konser penyanyi kenamaan Indonesia seperti Harvey Malayholo, Ruth Sahanaya, Chrisye dan Kris Dayanti itu.

Pada penghujung konser, Chrisye tampilkan lagi di layar lebar dalam video hitam putih, menyanyikan lagu "Kidung Abadi" dengan Jay Subiakto selaku Creative Director.

"Saya harus mendengarkan lagu ciptaan Erwin itu berkali-kali agar komat-kamit dari gambar Chrisye pas dengan lagu," kata Jay yang sudah membuat sekitar delapan video klip dari lagu Chrisye. "Kidungku akan selalu bersamamu...selamanya..."  demikian potongan lagu baru Chrisye itu.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB