Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Tarik Maang, Dangdut Membahana di Amerika

Kamis 02 Feb 2012 03:07 WIB

Red: Endah Hapsari

Sang Raja Dangdut Rhoma Irama.

Sang Raja Dangdut Rhoma Irama.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, Musik dangdut memenuhi ruangan di Konsulat Jenderal RI di Houston, AS. Lagu-lagu seperti Begadang, Darah Muda, sampai Terlena menggoyang sekitar 120 orang warga Amerika dan Indonesia di Houston belum lama ini. ''Mereka terdiri atas para profesional, pengusaha, tokoh LSM, 'think tank' dan akademisi," ungkap Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houston, Al Busyra Basnur, dalam sebuah pernyataan. ''Mereka berjoget dan bergoyang mengikuti irama musik dan lagu yang didendangkan oleh penyanyi masyarakat Indonesia di Houston,'' katanya.

Acara musik dangdut bersama itu diselenggarakan akhir pekan lalu, setelah paparan mengenai kemajuan ekonomi Indonesia oleh Al Busyra dan penayangan video tentang ekonomi Indonesia.

"Ternyata dangdut sangat disenangi masyarakat AS di Houston. Mereka sangat menikmati irama musik dan larut dalam goyangan khas dangdut," kata Konjen setelah melihat begitu banyaknya undangan yang turun ke lantai berjoget dangdut.

"Irama musik dangdut mengundang orang untuk menggerak-gerakan badan. Saya tidak biasa menari, tapi sekarang saya bisa menggoyangkan tangan dan meliukkan badan mengikuti irama dangdut," kata Tina Ho dari Asia Society Texas Center sebagaimana dikutip siaran pers itu.

Selain sebagai ajang promosi musik Indonesia, musik dangdut di KJRI Houston juga merupakan pengenalan awal acara reality show "Dangdut Goes to America" yang diprakarsai Dino Patti Djalal, Duta Besar RI untuk AS.

Acara yang akan menampilkan sejumlah artis dangdut Indonesia itu akan diselenggarakan bulan Maret mendatang di berbagai kota dan wilayah di seluruh AS, termasuk Houston.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA