Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Aquaman Lampaui Pendapatan 1 Miliar Dolar

Senin 14 Jan 2019 12:09 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Jason Momoa (kiri) dan Amber Heard dalam adegan film Aquaman.

Jason Momoa (kiri) dan Amber Heard dalam adegan film Aquaman.

Foto: Warner Bros. Pictures via AP
Aquaman jadi film kelima Warner Bros yang catat sejarah pendapatan miliaran.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film superhero DC Aquaman bergabung dalam jajaran box office dengan pendapatan miliaran dolar. Sejak dirilis Desember 2018, sinema fantasi tentang kehidupan bawah laut itu meraup pendapatan global 1,02 miliar dolar AS.

Dari total angka tersebut, pendapatan domestik film sebesar 288 juta dolar AS dan pendapatan internasional 742 juta dolar AS. Kesuksesan ini merupakan pencapaian kolaboratif antara Warner Bros dan DC Entertainment yang bersaing keras dengan Disney-Marvel.

Kelarisan Aquaman menyusul film superhero DC The Dark Knight Rises rilisan 2012 yang meraup pendapatan global 1,084 miliar dolar AS. Sedangkan film yang besaran penghasilannya dilampaui Aquaman yakni The Dark Knight (1,005 miliar dolar AS).

"Cinta dan terima kasih tidak terhingga untuk para penggemar dan penonton di seluruh dunia," kata sutradara film, James Wan, yang berkomentar terkait pendapatan tersebut, dikutip dari laman Hollywood Reporter.

Wan memuji aktor Jason Momoa yang menghidupkan karakter Aquaman menjadi sosok yang disebutnya sebagai pahlawan super sinematik terkeren. Menurut Wan, akting Momoa adalah standar emas bagi karakter komik Aquaman hingga generasi mendatang.

Selain Momoa, Aquaman dibintangi Amber Heard, Willem Dafoe, Nicole Kidman, Patrick Wilson dan Dolph Lundgren. Pendapatan film memang bombastis tetapi pendapatan domestiknya belum menyaingi Wonder Woman sebesar 421 juta dolar AS di Amerika Utara.

Aquaman menjadi film kelima Warner Bros yang mencatat sejarah pendapatan miliaran. Selain dua film Dark Knight, turut masuk dalam daftar sekuel terakhir Harry Potter (1,34 miliar dolar AS) dan The Hobbit: An Unexpected Journey (1,02 miliar dolar AS).

Ditinjau dari genrenya, Aquaman adalah film laga hidup aksi pahlawan super kedelapan yang menjadi anggota 'klub' film miliaran dolar. Akan tetapi, menjadi peringkat kesembilan bila memasukkan film animasi Incredibles 2 (1,243 miliar dolar AS).

Lima film dalam daftar adalah karya Marvel Studios dan Disney. Sederet sinema itu adalah Avengers: Infinity War (2,048 miliar), The Avengers (1,519 miliar), Black Panther (1,347 miliar), Iron Man 3 (1,215 miliar) dan Captain America: Civil War (1,153 miliar).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA