Friday, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 December 2018

Friday, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 December 2018

Augie Fantinus Beban Moral Perankan Sosok Ateng

Jumat 12 Oct 2018 12:43 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Para pemeran film Lagi-Lagi Ateng, Surya Saputra (ujung kiri), Unique Priscilla, Augie Fantinus, dan Soleh Solihun.

Para pemeran film Lagi-Lagi Ateng, Surya Saputra (ujung kiri), Unique Priscilla, Augie Fantinus, dan Soleh Solihun.

Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Augie mencermati hingga kebiasaan kecil Ateng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok komedian legendaris Indonesia, Ateng, dihidupkan kembali oleh aktor Augie Fantinus dalam film Lagi-Lagi Ateng. Sebelum memerankan Ateng, Augie mempersiapkan banyak hal, fisik maupun mental.

"Sekitar tiga sampai empat bulan sebelum syuting, saya menaikkan berat badan sampai enam kilogram. Itu salah satu yang dilakukan untuk bisa menampilkan yang terbaik, berusaha semirip mungkin," ujarnya.

Augie memang bisa saja memakai properti tambahan supaya badannya semakin mirip Ateng. Namun, dia ingin tampil total dengan usahanya sendiri. Dalam film mendatang, Augie pun memakai rambut palsu supaya gaya rambutnya identik dengan sang komedian.

Presenter radio dan presenter di sejumlah acara televisi itu mengaku memiliki beban moral kepada pihak keluarga Ateng dan Iskak karena peran tersebut. Karena itu, dia banyak menonton film lawas Ateng-Iskak dan berlatih sebelum proses pembacaan naskah dan syuting.

Menurut Augie, kelucuan Ateng adalah cara merengek, cara bicara, cara tertawa, serta gaya berjalannya. Semua itu dia cermati dari film-film terdahulu, juga berbincang dengan pihak keluarga mengenai kebiasaan-kebiasaan kecil mendiang.

Augie juga menghabiskan waktu pembacaan naskah yang lebih lama dibandingkan pemeran lainnya. Sebelum prosesnya, pria 39 tahun kelahiran Bandung itu mengobrol dengan beberapa aktor dan aktris yang pernah memerankan sosok asli di dunia nyata.

"Buat saya, mendapatkan peran ini seperti 'naik kelas', karena bisa memerankan tokoh luar biasa. Bersyukur banget dengan kesempatan berharga ini, semoga tidak mengecewakan," tutur Augie.

Sinema drama komedi keluarga arahan sutradara Monty Tiwa itu akan tayang pada awal 2019. Rumah produksi 13 Entertainment, Dirgahayu Productions, dan Ideosource Entertainment yang menggarap film sudah meluncurkan teaser trailer via YouTube.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Dec 2018, 21:31 WIB