Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Academy Award Tambah Nominasi untuk Film Terpopuler

Sabtu 11 Aug 2018 02:35 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Piala Oscar

Piala Oscar

Foto: EPA
The Academy ingin menghormati pencapaian dalam film populer

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mengatakan melahirkan kategori baru untuk perhelatan Academy Award tahun 2019. Alasan penambahan itu untuk menghormati pencapaian dalam film populer yang tahun-tahun sebelumnya terabaikan.

Akademi itu juga mengatakan sedang merencanakan siaran tiga jam yang dapat diakses secara global mulai tahun depan. Upacara tahun 2020 akan dipindahkan pada 9 Februari, hampir sebulan lebih awal dari jadwal biasa yakni pada akhir Februari. Perubahan diumumkan dalam sebuah surat kepada anggota dewan Akademi pada hari Rabu (8/8) pagi dari presiden terpilih John Bailey dan CEO Dawn Hudson.

“Kami telah mendengar dari banyak dari Anda tentang perbaikan yang dibutuhkan untuk menjaga agar Oscar dan Akademi kami tetap relevan di dunia yang terus berubah. Dewan Gubernur mengambil alih tanggung jawab ini dengan serius," kata surat pernyataan tersebut, dikutip dari EW, Kamis (9/8).

Rincian untuk nama kategori penghargaan baru dan kelayakan peninalaian belum dikabarkan ke publik. Namun, film yang dinominasikan dalam kategori film populer juga akan memenuhi syarat untuk penghargaan gambar terbaik secara keseluruhan.

Dalam beberapa tahun terakhir, para pemenang film terbaik, seperti The Shape of Water, Moonlight, Spotlight, The Artist belum pernah mendekati pemasukan hingga 100 juta dolar di box office domestik. Untuk film yang lebih kecil, memenangkan Oscar membawa kesadaran pada film yang tidak dapat dibeli dengan uang.

Tapi, film-film rilisan tahun 2017 mulai menggeser anggapan film populer minim kritik positif. Contoh saja film superhero Black Panther dari Disney melampaui 700 juta dolar di box office Amerika Utara dan 1,3 milyar dolar di seluruh dunia. Film ini sangat dipuji karena menyampaikan alur cerita yang mengeksplorasi apa artinya menjadi kulit berwarna dan Michael B. Jordan sebagai Erik Killmonger memenangkan ulasan hangat karena menjadi penjahat yang berempati. Film ini telah dilihat sebagai pesaing awal Oscar.

Sedangkan keputusan untuk menyiarkan lebih luas disebabkan penyelenggaran Oscar tahun ini adalah penayangan yang paling sedikit dilihat dalam sejarah acara. Academy Awards di ABC rata-rata hanya ditonton 26,5 juta pemirsa, turun dari 32 juta tahun lalu.

Akademi telah mencoba untuk mendiversifikasi jenis film untuk kategori teratas. Salah satunya dengan memperluas Film Terbaik pada tahun 2009 untuk memasukkan hingga sepuluh film.

Namun, nominasi masih tertarik pada film-film independen dan art-house yang lebih kecil. Akademi juga memperkenalkan kategori Fitur Animasi Terbaik pada tahun 2002 dalam upaya untuk menghormati genre yang sering diabaikan oleh penghargaan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES