Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Menonton Film Horor Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Senin 23 July 2018 11:51 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

film horor sadako

film horor sadako

Foto: sadako.net
Manfaat kesehatan disebut tergantung seberapa takut orang yang menonton film horor.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Film horor bagi sebagian besar orang kerap menghadirkan ketakutan yang menyebalkan. Namun di luar itu, film genre ini disebut-sebut juga menghadirkan manfaat bagi kesehatan penontonnya.

Meski begiu, manfaat kesehatan tergantung pada seberapa takut seseorang saat menontonnya. Dikutip dari Times of India, Senin (23/7), sebuah penelitian telah dilakukan oleh University of Westminster pada 2012. Mereka meminta 10 orang menonton film horor yang berbeda.

Denyut jantung, pengeluaran karbon dioksida dan asupan oksigen dari orang-orang ini dimonitor ketika menonton film horor. Orang yang menonton film paling menakutkan merasa panik dan melompat beberapa kali.

Hal itu menyebabkan pembakaran sebanyak 184 kalori. Jumlah tersebut setara dengan pembakaran kalori orang seberat 140 pon berjalan kaki selama 40 menit.

Ini disebut sebut terjadi karena pelepasan rangsangan stres, yang menyebabkan pelepasan hormon adrenalin. Jantung menjadi berdetak lebih kencang dan menarik energi cadangan dari tubuh.

Penelitian lain yang dipublikasikan mengungkapkan menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara jangka pendek, menonton film horor meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih untuk melawan infeksi dalam tubuh. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikan manfaat film horor bagi kesehatan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

REPUBLIKA TV

Brigjen Mohammad Iqbal

Sabtu , 18 August 2018, 10:39 WIB