Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Rumah Belanda, Diangkat dari Kisah Legenda Urban

Sabtu 13 January 2018 15:48 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda

Film Rumah Belanda

Film Rumah Belanda

Foto: Instagram Rumahbelanda2018

REPUBLIKA.CO.ID, Tak jarang sebuah tempat menyimpan asal-usul yang tidak diketahui oleh banyak orang. Bahkan beberapa cerita mengenai tempat tersebut terbilang angker, sampai para penduduk sekitar tidak berani mendekati karena diangkap keramat.

Kisah bermula dari Raya (Kelly Tandiono), seorang penulis berusia 30 tahun dan mendapatkan  pekerjaan untuk menuliskan biografi Aline (80 tahun). Aline ini adalah ibu dari jutawan kaya bernama Hilda (AidaNurmala).

Atas permintaan khusus dari Aline, Raya diharuskan menulis biografi tersebut di sebuah rumah tua. Akhirnya bersama kedua anaknya Rina dan Icha, Raya pun pindah ke rumah tersebut untuk sementara.

Hilda berharap, kepindahan Raya ke rumah itu bisa membuatnya lebih konsentrasi menuliskan biografi sang ibu. Tapi kepindahan mereka ke rumah tua tersebut ternyata mendatangkan petaka. Di sana, Raya dan kedua anaknya malah mendapatkan gangguan-gangguan dari makhluk halus. Ada rahasia yang disembunyikan di rumah Belanda itu, rahasia yang akhirnya diketahui Raya.

Film ini merupakan film bergenre horor kedua milik sutradara Hedy Suryawan setelah sebelumnya mengeluarkan film berjudul KeluargaTak Kasat Mata pada 2017. Namun uniknya, menurut Hedy, Rumah Belanda justru sudah dibuat dua tahun sebelum Keluarga Tak Kasat Mata.

Seperti menjadi ciri khas film Hedy, Rumah Belanda  tak banyak menampilkan wujud hantu dalam layar. Hedy memang menekankan ingin membuat film horor di mana penonton bisa benar-benar merasakan kehororan bukan dari hantu yang hadir tapi dari kekuatan cerita dan atmosfer yang dibangunnya.

Hedy mengungkapkan 95 persen lokasi syuting berada di wilayah Subang, Jawa Barat. Ia benar-benar menggunakan rumah tua peninggalan Belanda sebagai lokasi pengambilan gambar.

Film ini menurutnya memang terilhami dari kisah nyata di masyrakat sekitar. Namun Hedy menuturkan, ada sedikit pengembangan dari urban legend yang beredar di masyarakat. "Banyak yang menganggap rumah tua lembab. Tempat lembab disukai makhluk halus. Akhirnya menjadi legenda bahwa identik rumah Belanda agak spooky. Nah itu yang kita ambil," katanya.

Film berdurasi sekitar 1 jam 20 menit ini mulai tayang di bioskop pada 18 Januari 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA