Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Festival Film Bandung ke-28 Digelar

Sabtu 12 Sep 2015 22:01 WIB

Rep: C01/ Red: Djibril Muhammad

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perhelatan tahunan bagi insan perfilman tanah air, Festival Film Bandung (FFB), resmi digelar pada Sabtu (12/9) malam. Dalam malam penganugerahan FFB ke-28 ini, ratusan judul film, narafilm, sinetron dan narasinetron siap bersaing untuk meraih penghargaan dari belasan kategori penghargaan.

Proses penilaian terhadap ratusan judul film dalam FFB ke-28 dilakukan pengamat sejak September 2014 lalu hingga 31 Juli kemarin. Total film, narafilm, sinetron dan narasinetron yang diamati para pengamat ialah sebanyak 111 judul film Indonesia, 30 judul sinetron serial, 380 judul FTV atau sinetron lepas, dan 163 judul film impor. Seluruh judul yang diamati para pengamat tersebut kemudian dikerucutkan menjadi beberapa nominasi untuk beberapa kategori penghargaan.

Aktor senior Deddy Mizwar yang turut mengahdiri FFB 2015 berharap agar perhelatan FFB dapat terus menjadi lebih baik. Deddy juga mengapresiasi penyelenggaraan FFB yang tidak pernah satu kali pun terhenti sejak pertama kali diselenggarakan pada 1997 lalu. Melihat hal tersebut, Deddy menilai FFB memiliki reputasi tersendiri yang cukup panjang di dunia perfilman Indonesia.

"Saya kira (FFB) bisa terus ditingkatkan baik penyelenggaraannya maupun peningkatan penilaian kualitatif," ujar Deddy saat ditemui di perhelatan FFB ke-28 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Sabtu (12/9) malam.

Deddy menilai, ke depannya penyelenggaraan FFB dapat menjadi lebih baik, salah satunya dengan menyelenggarakan berbagi rangkaian acara terkait perfilman dan menjadikan FFB sebagai malam puncak. Beberapa contoh rangkaian acara yang bisa dilaksanakan, lanjut Deddy, ialah pekan film, festival film pendek hingga workshop terkait perfilman.

Aktris sinetron Shireen Sunkar juga mengapresiasi diselenggarakannya FFB. Sebagai pemain sinetron, Shireen yang juga menjadi nominasi sebagai pemeran wanita terpuji merasa usahanya sebagai pemain sinetron dihargai dengan menjadi nominasi.

Oleh karena itu, Shireen tidak mempermasalahkan menang atau kalahnya dalam anugerah perfilman ini. "Menang atau kalah tidak jadi masalah, menjadi nominasi sudah merasa terhargai," jelas Shireen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA