Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Sutradara: Terima Kasih Snowden

Senin 23 Feb 2015 13:23 WIB

Rep: Mgrol33/ Red: Djibril Muhammad

Edward Snowden dan Laura Poitras

Edward Snowden dan Laura Poitras

Foto: guardian.com

REPUBLIKA.CO.ID, Film tentang Edward Snowden memenangkan Oscar sebagai Best Documentary, Senin, (23/02).

Film yang berjudul Citizenfour ini memang telah dinominasikan akan memenangkan piala Oscar tahun ini. Bahkan Snowden pun telah memberi pujian atas kemenangan dari 'Citizenfour' dalam sebuah pernyataan.

Laura Poitras, sang pembuat film mengatakan, kemenangan ini telah diharapkan sejak Oktober tahun lalu saat Festival Film New York. "Terima Kasih Edward Snowden dan pelapor lain yang telah mengungkapkan kebenaran," kata Poitras, seperti dikutip variety.com.

Film ini telah memenangkan setiap penghargaan dokumenter selama musim ini, seperti Gotham Awards, Intl. Dokumenter Assn., BAFTA, DGA, dan Spirits.

Poitras bertemu Snowden ketika bekerja pada sebuah film dokumenter tentang pengawasan pemerintah pasca-insiden 11/9. Ketika itu dia mulai menerima email dari 'Citizenfour'.  

"Saya seorang pegawai pemerintah senior di Intelijen. Saya harap Anda mengerti bahwa menghubungi Anda sangat berisiko tinggi," demikian isi email itu.

Poitras tak menyangka jika email tersebut berasal dari Snowden. Sehingga Poitras bersama rekannya Glenn Greenwald berangkat ke Hongkong pada awal 2013 untuk bertemu dengan Snowden.

Mereka bertemu selama delapan hari sebelum Snowden menyerahkan dokumen rahasia yang mengungkapkan program pengawasan rahasia yang dijalankan NSA.

 

Snowden memberikan pujian atas film 'Citizenfour'. Ia menilai, film garapan Laura Poitras sebagai film yang berani dan brilian. "Ketika Laura Poitras bertanya apakah dia bisa membuat film pertemuan kami, saya sangat enggan," tulis Snowden.

"Saya bersyukur bahwa saya memungkinkannya untuk membujuk saya. Hasilnya adalah sebuah film yang berani dan brilian yang layak kehormatan dan pengakuan yang telah diterima. Harapan saya adalah bahwa penghargaan ini akan mendorong lebih banyak orang untuk melihat film dan terinspirasi oleh pesannya meskipun itu dari warga biasa, yang dapat bekerja sama, serta mengubah dunia," kata Snowden lagi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA