Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Hari Ini di 1929 Piala Oscar Pertama Kali Diberikan

Kamis 16 May 2013 07:31 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Piala Oscar

Piala Oscar

Foto: Amy Sancetta/AP

REPUBLIKA.CO.ID,Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling terutama di Amerika Serikat. Piala Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebuah organisasi penghormatan profesional yang pada tahun 2007 mempunyai keanggotaan sebanyak 5.830 orang pemilih. Aktor-aktor (dengan keanggotaan sebanyak 1.311) merupakan kelompok pemilih terbesar.

Piala Academy Award dijuluki Oscar ketika seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihatnya di sebuah meja dan mengatakan, "kelihatan persis seperti pamanku Oscar!". Nama tersebut tetap melekat dan kini digunakan seumum nama Academy Award sendiri, bahkan oleh pihak Academy sendiri. Bahkan situs web Academy berada pada oscars.org dan situs web Penghargaan Academy Award berada pada oscars.com.

Penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929 namun hasilnya sebenarnya telah diumumkan pada 18 Februari, tiga bulan sebelumnya. Pemenang Piala Oscar terbanyak adalah Ben-Hur, Titanic, dan The Lord of the Rings: The Return of the King, yang masing-masing memenangkan 11 piala.

sumber : Wikipedia
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA