Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Luc Besson Garap Film Aung San Suu Kyi, Michelle Yeoh Jadi Pemeran Suu Kyi

Selasa 08 November 2011 08:03 WIB

Red: Stevy Maradona

Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi

Foto: telegraph.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, LILLE-- Tokoh demokrasi Myanmar,  Aung San Suu Kyi, berterima kasih kepada Luc Besson atas pembuatan film kisah hidupnya dan mencurahkan sorotan pada negaranya. Demikian diungkapkan Besson.

Besson mengirim pesan kepada Pemenang Nobel Perdamaian 1991 itu menjelang pemutaran filmnya "The Lady" di Prancis 30 November. "Dia menjawab mengucapkan terima kasih, film itu menyoroti negara saya," tambah Besson, dalam komentarnya di universitas EDHEC.

Para tokoh oposisi Myanmar, yang tetap di bawah pengawasan ketat oleh rezim Myanmar, juga ditanya apakah akan ada kemungkinan bagi Besson untuk mengirim salinan filmnya.

Suu Kyi dijebloskan ke dalam tahanan rumah hampir tak terputus selama lebih dari 15 tahun sebelum dia dibebaskan pada November tahun lalu. Besson dan Suu Kyi berkirim surat dengan "agak aneh" karena dilakukan melalui saluran-saluran rahasia selama beberapa bulan.

Besson menemui subjek filmnya setelah Suu Kyi dibebaskan pada November lalu, ketika pembuatan film mengenai proyek itu sudah diselesaikan. Kata Besson, dia ingat menemukan dirinya di luar rumah yang timnya telah dengan cermat ciptakan replikanya di Thailand.

Pembuat film Prancis itu, yang baru-baru ini filmnya termasuk seri animasi 'Arthur' yang populer, berhasil mengambil beberapa adegan di Myanmar itu sendiri, dengan bantuan satu kamera kecil, menyamar sebagai wisatawan.

"Saya memfilmkan 17 jam kesibukan-kesibukan, kadang-kadang dengan seorang tentara hanya pada jarak tiga meter saja," kenangnya.

Para aktor film ini ketika melakukan adegan-adegan di Myanmar dengan bantuan teknologi "layar hijau". Suu Kyi mengatakan kepada Besson bahwa ia belum siap untuk menonton film yang meliputi kematian ayahnya dan suaminya yang warga Inggris.

"Dia bilang 'Saya akan melihatnya ketika saya cukup berani," kata Besson. Tetapi salah satu putranya telah melihat dan "sangat tergerak" perasaannya, kata sutradara itu.

Mantan gadis James Bond kelahiran Malaysia, Michelle Yeoh, memainkan peran Aung San Suu Kyi dalam film itu.

Dia juga mengunjungi pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu pada Desember lalu, di reruntuhan rumahnya di tepi danau di Yangon.

Besson, sutaradara Prancis, sebelumnya terkenal dengan film aksi. Besson juga legendaris untuk menciptakan adegan kejar-kejaran mobil di jalan raya. Keahlian ini ditiru oleh pembuat film di Hollywood.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 Agustus 2018, 23:59 WIB