Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Last Night: Di Malam yang Sama, Sepasang Suami Istri Melalui 'Ujian Kesetiaan'

Sabtu 25 Jun 2011 13:03 WIB

Rep: Indira Reskisari/ Red: Siwi Tri Puji B

.

.

Foto: .

Siapa dia?“ Pertanyaan itu “berkecamuk di pikiran Joanna (Keira Nightley) ketika melihat sosok seorang perempuan di suatu pesta. Perempuan itu terlibat percakapan akrab dengan sang suami, Michael Reed (Sam Worthington).

Sebegitu akrabnya, perempuan tersebut tidak canggung meletakkan tangannya di punggung Michael lalu mengusapnya.

Tak lama kemudian, rasa penasaran Joanna terjawab. Dara berambut kecokelatan itu ternyata pegawai baru di perusahaan tempat Michael bekerja. Namanya, Laura (Eva Mendes).

Sampai di rumah, Joanna dan Michael bertengkar. Joanna bertanya mengapa Michael tidak pernah bercerita tentang rekan kerja barunya. Ia menuding Michael tertarik pada Laura. Pertengkaran malam itu berakhir baik.

Keduanya beranjak tidur.

Paginya, Michael menempuh perjalanan bisnis bersama Laura. Sebelum pergi, Michael meyakinkan istrinya, rumah tangga mereka akan baik-baik saja.

***

Saat sedang membeli kopi dan sarapan, Joanna tanpa sengaja berjumpa Alex (Guillaume Canet). Pria berkebangsaan Prancis itu mengajak Joanna bertemu di malam hari untuk minum dan mengobrol. Joanna mengiyakan ajakan Alex yang dulu pernah menjalin kasih dengannya, jauh hari sebelum bertemu Michael.

Sementara itu, perjalanan bisnis Michael berjalan lancar. Seusai rapat dengan klien, Laura mengajak Michael untuk merayakan keberhasilan rapat tadi. Michael setuju.

Malam panjang dimulai bagi Joanna di New York dan Michael di Philadelphia. Ajakan Alex untuk minum di bar di hotel tempatnya menginap berlanjut dengan makan malam.

Dua teman Alex ikut santap malam bersama.

Mereka mengira Joanna adalah kekasih Alex di Kota Big Apple.

Di malam yang sama, Laura makin tak kuasa menunjukkan ketertarikannya pada Michael. Ia memberanikan diri bertanya apakah Michael pernah selingkuh dari istrinya.

Malam itu kesetiaan Michael dan Joanna ada di ambang batas. Ajakan Laura berenang di kolam hotel tidak bisa ditolak Michael.

Sementara itu, Joanna memutuskan bermalam di hotel tempat Alex menginap.

Film Last Night bercerita tentang ujian kesetiaan pasangan suami istri asal Inggris di New York. Mereka telah menikah selama tujuh tahun. Last Night lalu padat dengan dialog dan mimik para pemain di dalamnya. Keira Nightley yang pernah mendapat nominasi Academy Award di tahun 2006 untuk perannya di Pride and Prejudice, bermain secantik parasnya. Lihat saja caranya tersipu saat membalas pujian dari teman Alex yang terpesona dengan kecantikan wajahnya. Kemudian dengan manja, tapi secara tidak menyebalkan, Joanna menerima genggaman tangan Alex ketika mereka di dalam taksi.

Unsur kimiawi antara Joanna dan Alex tampil lebih kentara dibandingkan romansa Ketika yang lain datang menggoda, akankah teringkari janji sehidup-semati pada pasangan? Joanna dan suaminya. Segala diskusi antara Joanna dan Alex tentang hubungan masa lalu mereka. Joanna mengingat betapa keras ia mencoba memperjuangkan hubungan mereka.

Alex juga memberi penjelasan tentang kekisruhan yang dulu terjadi di antara mereka. Ia menyangkal lebih mempedulikan buku yang ditulisnya ketimbang sang kekasih. Adegan ini mengajak penonton merasakan cinta Joanna lebih besar pada Alex daripada untuk Michael.

Permainan cantik Keira tapi tidak diimbangi peran sang suami yang dibawakan Sam Worthington. Sam yang di tahun 2009 bermain dalam Avatar dan Terminator Salvation itu bermain secara minim emosi di sini. Ia hanya kelihatan sebagai suami yang kikuk ketika digoda oleh Laura. Kesannya, Laura tertarik hanya karena Michael adalah pria tampan yang mudah dipermainkan perempuan.

Worthington agaknya kurang menggali karakternya. Penonton tidak merasakan kegundahan hati dan pikiran Michael ketika Laura sudah sangat menggodanya.

Ketidakseimbangan itu bisa jadi membawa penonton merasa Joanna lebih baik bersama Alex daripada dengan Michael yang kaku.

Ujian yang dilakoni Michael jadi terasa lebih hambar dibanding Joanna. Cela ini menjadikan penonton juga tidak terlampau peduli pada perkawinan Joanna dan Michael.

Last Night ditulis skenarionya dan disutradarai oleh Massy Tadjedin. Alur cerita yang diping-pong dari Joanna di New York dan Michael di Philadelphia tereksekusi dengan baik oleh Massy. Dari segi penceritaan ataupun penyuntingan, dua cerita itu berjalan di laju yang tidak terlampau lambat atau cepat. Penonton bisa menikmati malam yang dilalui ke duanya tanpa terburu buru menyimpulkan apakah perselingkuhan akan terjadi malam itu.

Judl Film: Last Night

Pemain : Keira Nightley Sam Worthington Eva Mendes Guillaume Canet

Sutradara : Massy Tadjedin

Durasi : 1 jam 33 menit

Produksi : Nick Wechsler Productions

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA